Pramuka Indonesia Kembali Raih Penghargaan Internasional

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Hubungan Luar Negeri yang juga Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi mendapatkan penghargaan dari Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte, untuk kategori Chief Scout Award atau Pemimpin Pramuka terbaik untuk Pramuka Kawasan Asia-Pasifik (Asian Pacific Regional Scout).
 
Penghargaan itu diberikan saat pembukaan Jamboree ASEAN ke-6 di Energy Park, Apokon, Tagum City, Davao del Norte, Filipina. Jambore ASEAN sendiri diikuti 29.500 peserta, panitia dan pembina dari negara-negara ASEAN. Kegiatan berlangsung tanggal 27 November sampai 2 Desember 2017.
 
Ahmad Rusdi mendapatkan penghargaan itu karena dianggap berjasa dalam membangun kerjasama antara kedua negara dalam hal pengembangan organisasi kepramukaan. Bukan hanya di Filipina dan Indonesia, tetapi seluruh anggota National Scout Organization (NSO) kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Sebelum ini penghargaan juga diberikan oleh Pramuka Brunei Darussalam dan Korea Selatan kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault.
 
"Penghargaan diberikan untuk orang-orang terhormat sebagai pengakuan atas layanan dan kontribusi mereka yang baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan Gerakan Pramuka di Filipina dan di NSO (organisasi pramuka nasional) masing-masing," demikian bunyi surat yang sudah disalin dalam bahasa Indonesia tersebut.
 
Ahmad Rusdi mengucapkan terima kasih kepada Pramuka Filipina yang sudah memberikan penghargaan ini atas kinerjanya dalam menguatkan Pramuka di Kawasan Asia Pasifik. Menurutnya, penghargaan ini bukan hanya miliknya, tapi juga milik semua pihak yang sudah sama-sama membantu dan bekerja demi jayanya Pramuka di ASEAN.
 
"Karena tanpa bantuan dan dukungan dari Gerakan Pramuka Indonesia dan juga para anggota Pramuka, NSO kita tidak mungkin bisa bekerja secara maksimal. Jadi, ini adalah penghargaan milik bersama. Dan tidak menjadi arti kalau kinerja kita tidak semakin baik," pungkasnya.