Cerita Menteri Amran Sumbangkan Gajinya untuk Anak Yatim di Banyuwangi

MONITOR, Banyuwangi – Ada momen menarik saat Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja dalam rangka panen perdana bawang putih di desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (22/3).

Ketika tengah melakukan dialog bersama petani dan masyarakat yang didominasi oleh ibu-ibu dan anak-anak dihamparan sawah seluas 116 ha yang dipenuhi tanaman bawang putih di lereng perbukitan ijen, menteri asal Bone, Sulawesi Selatan nampak mengalihkan perhatian kepada sejumlah anak-anak petani yang hadir.

"Alhamdulillah kita sudah buktikan bisa, bawang putih tumbuh subur disini," kata Amran saat memberikan sambutan yang seketika berubah mimik wajahnya tertuju kepada anak-anak.

Tak lama berselang, saat panitia mengumumkan pemberian bantuan kepada anak yatim piatu dengan serta merta, Amran mengajak anak-anak yang hadir maju ke atas panggung sambil berdialog.

Mengetahui jika yang diajak dialognya tersebut merupakan anak-anak yatim, Amran tanpa basa-basi langsung berujar menyumbangkan satu bulan gajinya kepada mereka.

"Saya serahkan satu bulan gaji saya untuk kalian. Yang rajin belajar dan mengaji ya,"  kata Amran kepada anak-anak yatim tersebut.

Selain menyumbangkan satu bulan gajinya, Amran pada kesempatan tersebut juga membagikan berbagai bantuan kepada petani berupa 20 lembar ATM kartu tani dalam bentuk tabungan di Bank Mandiri, dengan nominal masing-masing Rp 500.000,- dan 20 tabungan BRI dengan jumlah yang sama. 

Amran juga menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, melalui Dinas Pertanian berupa alat mesin pertanian (alsintan) bibit kopi, 20 hand traktor, 8 traktor besar 4 roda serta alat angkut pertanian motor 3 roda.