Waspada, Duduk Kelamaan Lebih dari Tiga Jam Memicu Penyakit Ini

MONITOR – Kamu mungkin tak sadar bahwa kebiasaan sehari-harimu selama ini ternyata ada yang membahayakan kesehatan, salah satunya adalah duduk di tempat yang sama selama berjam-jam. Hal ini mungkin memang dilakukan atas dasar tuntutan pekerjaan atau sekolah, tapi cobalah untuk tidak duduk lebih dari 3 jam lamanya.

Karena menurut beberapa penelitian, duduk selama tiga jam (atau lebih) tanpa berpindah bisa menekan pembuluh darah dan menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Dan ini dia sekian pengaruh buruk lainnya jika kamu duduk berjam-jam lamanya.

1. Masalah pada kaki

Duduk berjam-jam lamanya bukan hanya bisa menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan varises, tapi juga penyumbatan pembuluh darah karena adanya pembekuan darah karena aliran darah tidak lancar.

2. Tulang rapuh

Kurangnya aktivitas fisik bisa melemahkan kepadatan tulang dan hal ini bisa membuatmu rentan terkena osteoporosis.

3. Nyeri tulang belakang

Duduk berjam-jam akan memberi tekanan besar pada tulang belakang dan hal ini menyebabkan pembengkakan pada sendi-sendi tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri. 

4. Otot tegang pada leher dan pundak

Saat duduk berjam-jam dan hanya memperhatikan layar komputer, otot leher dan pundak akan berapa pada posisi yang sama dalam waktu lama, hal inilah yang kemudian membuat otot leher dan pundak kaku dan kram.

5. Masalah pinggul

Duduk dalam waktu sangat lama tanpa berpindah tempat juga bisa memberi tekanan pada pinggul dan membuat otot di sekitar pinggang stres. Hal inilah yang kemudian bisa memicu nyeri di area pinggang dan pinggul saat kamu bergerak.

6. Masalah pencernaan

Duduk lama juga bisa mempengaruhi kecepatan sistem pencernaan, karena tekanan pada bagian perut, proses pencernaan dan metabolisme akan melambat.

7. Gangguan pada pankreas

Duduk berjam-jam akan membuat fungsi pankreas melemah sehingga menyebabkan produksi insulin kacau yang nantinya bisa memicu diabetes.

Jadi, kamu tahu kan apa yang perlu kamu lakukan saat harus bekerja dengan duduk berjam-jam? Coba selingi aktivitas duduk dalam waktu lama dengan jalan-jalan sebentar setiap 1 jam sekali dari sekarang ya.