Waspada! Alat Mandi Ini Pantang Dipakai Bersama Orang Lain

Saat traveling bersama teman Anda akan dihadapkan pada kondisi dimana harus berbagi alat mandi dengan teman. Hati-hati! Bertukar alat mandi bersama orang lain kemungkinan bisa terjadi pertukaran bakteri yang tidak baik bagi kesehatan.

MONITOR, Jakarta- Menghabiskan libur panjang memang enak dengan berpergian keluar kota dan menjelajahi berbagai tempat wisata bersama-sama, baik bergabung dengan tur besar maupun dengan cara backpaking bersama teman-teman. Namun, kita perlu membatasi pemakaian alat mandi dengan teman berpergian. Tak salah jika Anda merasa sungkan karena akan disangka pelit atau sombong oleh teman perjalanan. Namun, demi alasan kesehatan, beberapa barang memang menjadi privasi dan hanya Anda sendiri yang boleh menggunakannya. Alasannya, tentu saja jika Anda berbagi menggunakan beberapa benda ini, ada kemungkinan terjadinya pertukaran bakteri dengan sang teman. Penasaran barang apa saja itu?

Berikut 5 alat mandi yang pantang dipakai bersama orang lain!

1. Sabun Batangan

Alat mandi yang pantang dipakai bersama yang pertama sabun batang. Setelah seharian mengunjungi tempat-tempat wisata, mandi menjadi rutinitas wajib untuk membersihkan badan kita dari keringat dan memberi efek segar bagi tubuh. Namun, kita suka lupa membawa sabun sendiri dan memilih berbagi dengan teman kita. Sabun memang bersih tetapi untuk sabun batangan tidak boleh digunakan bersama orang lain.
Alasannya, jika sabun batangan dipakai bersama, akan menyebabkan kuman berbahaya hingga patogen serius yang dimiliki orang lain akan terbawa dan menempel pada tubuh Anda. Selain itu, sel kulit mati dan kuman bisa mengendap pada sabun batangan dan dapat berpindah satu sama lain. Lebih baik Anda sempatkan mampir ke warung terdekat untuk beli sabun batang untuk dirimu sendiri, ya!

2. Handuk

Alasan untuk tidak berbagi handuk dengan teman adalah karena handuk menjadi tempat berkembang biak kuman, terlebih lagi saat digantung di tempat yang lembap. Menggunakan handuk secara bergantian bisa menularkan infeksi jamur pada kulit maupun bakteri penyebab jerawat. Jika handuk sudah memiliki bau tidak sedap, menjadi tanda kalau handuk sudah penuh dengan bakteri dan jamur. Tipsnya, sebaiknya cuci handuk setelah empat kali pemakaian dan biarkan handuk benar-benar kering setelah memakainya, ya!

3. Spons Mandi

Selanjutnya alat mandi yang pantang dipakai bersama orang lain adalah spons mandi. Mungkin Anda tidak sadar, sehabis digunakan, spons mandi tidak pernah benar-benar kering sepenuhnya. Jadi, jangan lagi berbagi spons mandi ya agar Anda terhindar dari bakteri dan virus penyebab infeksi seperti jerawat, jamur kuku, hingga kurap.

4. Sikat Gigi

Bagi Anda yang cinta berwisata kuliner, jangan lupa untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa jajanan yang sudah masuk ke mulut. Karena kalau tidak, sisa-sisa makanan yang tertinggal dapat berkembang menjadi bakteri di sela-sela gigi maupun dalam lidah. Coba bayangkan jika Anda harus berbagi sikat gigi dengan orang lain, sudah berapa bakteri yang tertinggal dan hidup di sikat gigi. Bahkan, membilas sikat gigi setelah pemakaian masih menyisakan sedikit bakteri di dalamnya.
Bakteri dari mulut sendiri sih tidak menjadi masalah, tapi bagaimana jika harus berbagi bakteri yang berasal dari mulut orang lain? Jika hal itu terjadi, maka bisa menularkan patogen baru yang dapat membuat Anda terserang flu. Tipsnya, sebaiknya rutin untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali, ya!

5. Deodoran

Alat mandi yang pantang dipakai bersama yang terakhir adalah deodoran. Setelah badan segar dan wangi sehabis mandi, jangan lupa menggunakan deodoran agar badan Anda terhindar dari bakteri penyebab bau badan. Seharusnya menjadi pertimbangan kamu saat hendak bertukar deodoran dengan teman perjalananmu.
Ketiak adalah tempat lembap dan terdapat banyak bakteri hidup di dalam sana. Beberapa deodoran bekerja dengan membunuh bakteri penyebab bau, sehingga bahan antibakteri memberikan perlindungan tambahan. Namun banyak juga deodoran, terutama dengan jenis organik, hanya berfungsi menyamarkan bau dengan wangi deodoran dan tidak membunuh bakteri. Akibatnya, kuman akan tumbuh dengan mudah pada deodoran. Coba bayangkan jika bakteri tersebut bertukar di antara Anda satu sama lain.

Nah, itulah 5 alat mandi yang pantang dipakai bersama orang lain. Adakah salah satu di antara benda tersebut yang sering Anda gunakan bersama? Jika ya, mulai sekarang persiapkan dengan matang barang bawaan Anda sebelum berpergian agar tidak perlu harus bertukar alat mandi.

Semoga bermanfaat!