Jenis Olahraga yang Bisa Anda Coba Saat Puasa

Ilustrasi Olahraga (Sumber:Go-dok.com)

MONITOR- Pada bulan Ramadhan, banyak orang yang memilih untuk mengurangi intensitas aktivitas yang berat, seperti berjalan jauh, mengangkat beban yang berat, dan juga berolahraga. Padahal seharusnya puasa bukan menjadi halangan dalam berolahraga, selama mengetahui jenis olahraga saat puasa yang tidak menguras banyak keringat penyebab haus dan lapar di siang hari.

Memang, ketika sedang berpuasa tubuh menjadi terasa lemas, sehingga rasanya ingin tidur saja seharian. Padahal, semakin lama Anda berpuasa, tubuh akan mulai beradaptasi sehingga terbiasa ketika harus melakukan kegiatan fisik seperti olahraga seperti hari-hari biasanya.

Selain itu, dengan rutin berolahraga dapat membuat tubuh Anda tetap bugar selama berpuasa, lho. Mau tahu jenis olahraga saat puasa yang tepat agar tidak membuat tubuh lemas dan haus sebelum berbuka?

Berikut jenis olahraga saat puasa agar tetap bugar selama berpuasa!
Jika Anda memang ingin berolahraga, sebaiknya Anda melakukan latihan pada sore hari, yaitu berkisar 1,5 hingga 2 jam menjelang berbuka puasa. Frekuensi olahraga saat puasa pun sebaiknya dilakukan sebanyak 3-5 kali seminggu masing-masing selama 30-60 menit setiap hari dengan intensitas yang ringan sampai sedang.

Nah, ada nih beberapa jenis olahraga saat puasa yang bisa Anda coba. Jika dilakukan dengan benar, dijamin menjaga tubuh tetap bugar tanpa harus khawatir mengurangi kualitas puasa itu sendiri.

1. Yoga
Yoga merupakan bentuk latihan fisik dan mental yang berdampak luar biasa bagi seluruh tubuh. Bentuk latihan ini dapat digolongkan sebagai bentuk latihan yang ringan dan tidak memerlukan terlalu banyak kardiovaskular pada tubuh Anda.

Selama bulan Ramadhan, yoga dapat dipraktikkan pada siang hari tanpa memerlukan terlalu banyak gerakan. Namun, yoga tetap lebih baik dilakukan setelah Anda berbuka puasa karena kondisi tubuh yang sudah terhidrasi.

2. Olahraga kontak
Olahraga kontak seperti sepak bola, bola basket, bola voli, tenis dan sejenisnya merupakan jenis olahraga saat puasa yang bisa Anda coba. Pasalnya, jenis olahraga ini membutuhkan tingkat energi yang tinggi karena dapat menjadi latihan yang intens bagi tubuh. Selain itu, karena jenis olahraga ini dilakukan secara tim, sehingga juga berkhasiat untuk menyegarkan pikiran setelah penat bekerja.

Ketika bulan Ramadhan, sebaiknya lakukan olahraga ini ketika waktu berbuka puasa sudah dekat, ya.

3. Latihan aerobik atau tari
Latihan aerobik dan tari seperti Zumba terbukti dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular Anda. Walau terlihat dilakukan dengan gerakan yang ringan, jenis olahraga ini juga dapat membakar banyak kalori, lho!

Kedua bentuk latihan ini tergantung pada tingkat kebugaran seseorang. Namun, jenis olahraga saat puasa ini sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa, nih. Pasalnya, aerobik atau tari dapat meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh. Efeknya, tubuh akan mendingin dan membuka kelenjar keringat lebih sehingga Anda akan mengeluarkan banyak keringat. Artinya, sebaiknya tubuh Anda sudah terhidrasi dulu sebelum memulai latihan.

4. Pilates
Jenis olahraga saat puasa yang terakhir adalah pilates. Pilates adalah cara yang bagus untuk mempertahankan kekuatan dalam tubuh Anda selama Ramadhan. Mirip dengan yoga, pilates tidak akan secara signifikan meningkatkan detak jantung atau suhu dalam tubuh Anda ke tingkat yang tinggi yang dapat membuat dehidrasi.

Meskipun bisa dilakukan selama jam-jam puasa, pilates juga dianjurkan untuk dilakukan setelah berbuka puasa, ya! Selain itu, Anda bisa melakukannya sesering mungkin dalam seminggu selama bulan Ramadhan.

Nah, itu tadi panduan jenis olahraga saat puasa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Selamat mencoba!

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia