Tetap Segar Saat Puasa dengan 7 Menu Sahur Tanpa Nasi

MONITOR – Ngga melulu soal nasi, kita juga bisa lho makan sahur dengan menu lainnya yang juga bakal bikin perut kenyang dan kuat puasa seharian, karena yang terpenting adalah kebutuhan akan karbohidrat dan protein dalam tubuh tetap terpenuhi dan seimbang.

Mau tetap segar saat puasa dengan menu sahur tanpa nasi? Seperti yang dikutip dari Qraved, ini dia 7 menu sahur tanpa nasi agar tetap segar saat puasa. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Moseli & Buah-buahan

Tau nggak sih guys kalau makan sahur itu jauh lebih penting daripada buka puasa, lho! Hal ini karena kita butuh nutrisi yang cukup biar kuat sampai buka puasa.

Nah, makanya penting banget memerhatikan menu sahur. Tapi, buat kamu yang merasa terlalu malas untuk makan nasi, masih ada menu pengganti lainnya yang bisa kamu bikin sendiri, kok! Salah satunya adalah moesli yang dicampur dengan buah-buahan.

Caranya gampang, kamu tinggal campurin moesli dengan yogurt dan buah-buahan kayak strawberry, pisang, blueberry, kiwi, atau buah-buahan lainnya. Percaya deh, kamu pasti tetap bisa kuat berpuasa seharian.

2. Roti Gandum dan Alpukat

Agar kadar gula dalam darah tetap stabil selama puasa, kamu bisa mengonsumi roti gandum saat sahur. Nah, biar ngga terasa monoton, kamu bisa tuh tambahin irisan buah alpukat dan dikasih olive oil dan saus pedas. Tetap yummy meski tanpa nasi!

3. Aneka Sop dan Soto

Makan makanan berkuah yang hangat emang pas banget nih buat makan sahur nanti. Banyak banget kan menu makanan berkuah yang bisa kamu beli, seperti Sop Ayam Klaten, Sroto Sokaraja, Sop Buntut, dan aneka makanan kuah lainnya yang bisa kamu nikmatin tanpa pakai nasi. Tapi, minta ke penjualnya untuk memisahkan kuahnya pas beli ya biar ngga basi.

4. Kentang dan Telur Rebus

Kamu juga bisa mengonsumsi kentang rebus saat sahur untuk mengganti nasi. Nah, untuk sumber proteinnya kamu bisa makan telur rebus. Biar makin gurih, tambahin juga lada dan taburan daun seledri, ya!

5. Salad buah

Kamu lagi diet dan ngga makan nasi? Fruit salad solusinya! Kamu bisa pilih menu ini buat makan sahur nanti. Selain sehat, kamu juga bisa bikin sendiri menu ini di rumah dengan mencampurkan buah-buahan kesukaan kamu. Jangan lupa juga minum susu atau teh manis hangatnya, ya!

6. Sayur Bayam dan Jus Buah

Selama berpuasa, kadar hemoglobin kita akan menurun dengan mudah. Makanya, penting banget nih buat kamu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi biar kadar hemoglobin dalam tubuh tetap seimbang. Kamu bisa minta bikinin mama kamu sayur bayam dan jus buah. Oh iya, jus buahnya jangan dikasih gula, ya! Karena terlalu banyak konsumsi gula saat sahur bisa bikin tubuh kamu cepet laper, lho!

7. Aneka Daging dan Ikan

Menu tanpa nasi lainnya yang bisa kamu santap pas sahur adalah masakan berbahan utama daging dan ikan yang akan menambah kadar protein dalam tubuh. Biar makin menggugah selera, kamu juga bisa tambahin sayuran rebus seperti brokoli, jagung, dan buncis.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia