Ternyata, Standar Gizi yang Baik Bukan 4 Sehat 5 Sempurna

MONITOR, Jakarta – Sejak dulu, yang banyak diketahui orang-orang adalah bahwa standar gizi yang baik saat nakan adalah mencukupi kriteria 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari nasi (karbohidrat), sayur (serat), lauk pauk (protein), buah-buahan (vitamin dan serat), dan susu.

Padahal kriteria 4 sehat 5 sempurna tidak dimaksudkan untuk standar gizi dalam satu kali makan, melainkan standar gizi dalam satu hari. Bukan hanya itu, kebiasaan para orangtua yang menganggap bahwa waktu terbaik dalam memberikan susu bagi anak-anak mereka adalah di pagi hari sebelum sekolah kuranglah tepat.

Yang masih jarang diketahui saat ini adalah bahwa standar 4 sehat 5 sempurna apabila dikonsumsi secara bersamaan bukan memberikan kita tubuh yang sehat, justru dapat menimbulkan penyakit. Karena menurut penelitian para ahli di bidang kesehatan, karbohidrat hanya baik apabila dikombinasikan dengan sayur dan juga protein nabati. Kombinasi protein hewani dengan sayur (tanpa nasi/karbohidrat) juga merupakan kombinasi yang serasi. Namun apabila nasi/karbohidrat dikonsumsi bersamaan dengan protein hewani, karbohidrat hanya akan menjadi sampah metabolisme.

Berikut ini adalah cara makan yang baik dalam satu hari:

1. Pagi Hari

Untuk dapat beraktivitas di pagi hari tentu tubuh membutuhkan karbohidrat untuk menjadi tenaga. Tapi kurang tepat juga apabila di pagi hari tubuh mendapat asupan karbohidrat dalam jumlah yang banyak atau terlalu berat. Maka disarankan pada pagi hari mengkonsumsi roti untuk asupan karbohidratnya. dan minuman yang baik di pagi hari bukanlah susu apalagi kopi. Minuman yang baik di pagi hari adalah jus buah-buahan, atau dapat juga buah-buahan yang dimakan langsung.

2. Siang hari

Siang hari adalah waktunya tubuh mendapat asupan karbohidrat dalam jumlah yang lebih banyak dibanding pagi hari. Maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi nasi di siang hari. Nasi tersebut dikombinasikan dengan sayur-sayuran dan juga protein nabati seperti tahu atau tempe. Contoh makanan ideal di siang hari adalah gado-gado. Karena dalam gado-gado terdapat standar gizi yang baik untuk siang hari, yaitu terdiri dari karbohidrat, sayur, dan protein nabati.

3. Malam hari

Malam hari adalah waktu tidur, dimana saat tidur tubuh melakukan regenerasi terhadap sel-sel yang rusak. Protein dibutuhkan untuk proses regenerasi sel-sel tubuh. Maka makanan ideal di malam hari adalah protein hewani seperti daging sapi, ayam, ikan, dll. Tapi ingat, tidak disarankan untuk mengkonsumsi nasi/karbohidrat di malam hari. Salah satu alasannya adalah karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah atau meningkatkan resiko diabetes saat sebelum tidur mengkonsumsi karbohidrat. Baiknya konsumsi protein hewani dan juga sayur-sayuran di malam hari, serta dilengkapi dengan susu rendah lemak dan berkalsium tinggi.

Jangan lupa, minum air putih tidak kurang dari 2,5 liter dalam sehari agar proses detoksifikasi melalui urin setiap hari berjalan baik dan terhindar dari penyakit yang menyerang ginjal.