Ternyata Lima Makanan ini Bisa Jadi Penyebab Bau Badan Anda

MONITOR, Jakarta– Apakah Anda pernah merasakan dan mencium bau tidak sedap yang ternyata berasal dari tubuh Anda sendiri. Sebagian orang tak menyadari bahwa kebiasaan makan yang dikonsumsinya sehari-hari, dapat mempengaruhi aroma tubuh. Senyawa yang terkandung di dalam makanan tertentu diyakini berperan dalam memicu bau badan yang tak sedap.

Tahukah Anda bahwa makanan tertentu dapat menyebabkan bau badan yang buruk? Ketahuilah dan identifikasi makanan ini yang menyebabkan bau badan. Anda mungkin akan melakukan langkah-langkah setiap kemungkinan untuk menghilangkan bau badan Anda, tetapi semua sia-sia jika Anda tidak berhenti makan makanan tersebut.

Nah berikut ini MONITOR telah merangkumnya untuk Anda.

Ini dia 5 makanan penyebab bau badan yang harus kita ketahui.

1. Tomat

Menurut ilmuwan Inggris Charles Stewart, ada hubungan antara bau badan dan tomat. Bau yang ditimbulkan oleh batang tomat sangat mirip dengan bau keringat.

Mengapa ini terjadi? Hal tersebut karena tomat berbau seperti keringat, itu mempengaruhi karotenoid dan terepene yang ada di dalam tomat.

Jadi, ada korelasi langsung antara jumlah tomat yang kita makan, di samping produk makanan yang mengandung terepene, dengan bau selama transpirasi.

2. Produk susu

Mungkin tidak tampak seperti itu tetapi sejumlah besar penduduk Asia Tenggara dan penduduk asli Amerika di Amerika Serikat tidak toleran terhadap laktosa, yang berarti bahwa mereka kekurangan enzim laktase.

Sehubungan dengan penduduk dunia lainnya, meskipun mereka mungkin tidak kekurangan laktase, mereka masih dapat mengurangi asupan susu mereka untuk mencegah gas, kembung dan perut kembung.

Ketika kita tidak dapat mentoleransi susu, setelah meminumnya, keringat kita akan berbau

Jika metabolisme Anda tidak dapat mencerna leusin, isoleusin dan valin, yang ada dalam produk susu, cairan biologis Anda akan menghasilkan bau.
 
3. Jenis Ikan tertentu

Beberapa jenis ikan dapat menyebabkan bau badan yang tidak menyenangkan, dan itu bukan dari menyentuh mereka saat memasak.

Ikan kaya akan vitamin A, tetapi beberapa jenis, seperti trout atau tuna, mengandung choline (vitamin B4). Vitamin ini menambahkan bau amis ke aroma tubuh alami kita.

Kelengketan itu bisa menjadi efek yang mungkin menyebabkan beberapa orang mengembangkan kasus ‘sindrom bau ikan’ yaitu trimethylaminuria.

4. Berbagai jenis kubis

Brokoli, kembang kol dan kubis sama-sama kaya dengan potasium dan antioksidan, tetapi mereka juga mengandung sejumlah besar zat sulfur. Zat ini bisa membuat kita mengeluarkan bau tidak enak saat berkeringat.

Ini terjadi karena belerang memisahkan menjadi zat yang berbeda yang menyebabkan bau badan yang dapat bertahan selama beberapa jam.

Untuk mencegahnya, Anda hanya perlu membatasi jumlah kubis yang Anda makan dalam diet sehari-hari Anda.

5. Daging merah

Daging merah memiliki kandungan zat besi, fosfat, seng, vitamin dan creatine yang tinggi. Namun, daging merah adalah makanan yang dicerna oleh tubuh secara perlahan dan yang sulit diserap usus.

Jika Anda makan daging merah lebih dari 2 kali seminggu, Anda akan melihat dan merasakan dampak negatif pada aroma tubuh Anda.