MONITOR – Sebagian besar orang Indonesia sangat menyukai makanan gorengan. Gorengan merupakan istilah jenis jajanan seperti tempe atau tahu, bakwan, pisang, yang digoreng dengan adonan tepung.

Rasanya memang sangat nikmat, apalagi jika disajikan saat masih hangat. Namun masalahnya, masih banyak ditemukan di sepanjang jalan para pedagang yang memasaknya dengan cara yang tak sehat.

Perlu diketahui, sebenarnya minyak penggorengan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlebihan dalam bentuk gorengan bisa berujung pada meningkatnya kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga kegemukan.

Lalu, bagaimanakah caranya agar tubuh tetap sehat meski kamu makan gorengan?

Tentu saja kamu harus bijak dalam memilih minyak yang akan digunakan untuk menggoreng. Hindari menggunakan minyak dengan kandungan asam lemak jenuh dan pilihlah minyak sehat.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menggorengnya. Sebagaimana dikutip dari laman Boldsky, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kualitas minyak kelapa tidak akan memburuk.

Bahkan setelah digunakan untuk menggoreng makanan hingga di suhu 180 derajat celcius. Plus, minyak kelapa sebagian besar terbuat dari lemak sehat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak dari alpukat untuk proses memasak agar kesehatan tubuh selalu terjaga.