Ini Alasan Kenapa Seseorang Gemar Nonton Film Horor

MONITOR, Jakarta – Film bergenre horor selalu menyajikan adegan mengejutkan, pembunuhan, sampai adegan munculnya setan. Menurut studi yang dilakukan Profesor Psikologi dan Psikiatri Universitas Vanderbilt Amerika Serikat, David Zald, memang ada respons kimiawi yang berbeda pada tubuh ketika menghadapi situasi mendebarkan, misalnya saat menonton film horor.

Zald mengungkapkan, ada individu yang memiliki tingkatan respons tubuh lebih meningkat saat hormon dopamin dilepaskan. Hal ini membuat seseorang merasa hal tersebut sebagai teror.

Sementara, juga ada orang yang pada sistem otak kekurangan 'rem' saat pelepasan dopamin dan pengembalian kerja otak. Hal ini membuat orang tersebut menikmati situasi yang mendebarkan, menakutkan, dan berisiko seperti disampaikan Zald mengutip laman The Atlantic, Senin (14/8/2017)

Pakar lain mengungkapkan, memang ada orang yang menikmati perasaan takut yang aman. Artinya, orang tersebut mengetahui bahwa akan ditakuti, tapi hanya dalam film saja.

"Bagi sebagian orang merasakan takut yang aman seperti pada film horor adalah sumber kenikmatan. Membuat mereka merasa lebih baik secara fisik, bahkan dapat meningkatkan kepercayaan diri karena berhasil melalui situasi yang menakutkan," kata sosiolog yang mendalami rasa takut, Margee Kerr.