Diet Sehat Hanya Butuh Lakukan 3 Hal Ini

MONITOR Jakarta – Siapa yang tidak mau mempunyai badan yang ideal, hampir semua orang ingin memiliki postur badan yang ideal. Namun banyak orang yang salah kaprah dan malah melakukan diet yang asal-asalan seperti tidak makan seharian, melewatkan sarapan, dan  makan dengan porsi yang sangat sedikit demi bisa menurunkan berat badan. 

Rubah kebiasaan diet seperti itu, tubuh akan kekurangan asupan nutrisi jika di biarkan terlalu lama akan menyebabkan jantung melemah, gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, penuaan dini, gangguan kesehatan dan mental, dan lain-lain. 

Padahal ada cara untuk diet yang sehat dan baik, diet ini juga dapat menurunkan berat badan dan mengontrolnya agar tidak kembali seperti semula, seperti yang akan dibahas berikut ini.

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Sarapan yang sehat akan memberikan anda energi yang dibutuhkan untuk memulai hari anda dan ada beberapa penelitian yang membuktikan orang yang membiasakan sarapan setiap hari jarang mengalami kenaikan berat badan. Salah satu teori mengatakan bahwa makan makanan bergizi saat sarapan bisa mengurangi rasa lapar dalam sehari dan membantu anda memilih makanan yang lebih baik saat makan nanti.

Mungkin anda mengira dengan melewati sarapan anda bisa mengurangi asupan kalori, namun ini tidak begitu efektif. Biasanya, rasa lapar didapat karena melewatkan sarapan sehingga nantinya orang akan makan lebih banyak saat makan siang dan selanjutnya.

2. Kurangi Konsumsi Lemak

Untuk mengurangi jumlah lemak yang anda makan, anda bisa menghilangkan lemak yang terdapat di daging, memilih minum susu rendah lemak daripada yang full fat, memilih jenis olesan yang rendah lemak dan mengganti penggunaan krim dengan yoghurt rendah lemak. Bahan makanan lain yang rendah lemak namun tinggi protein adalah kacang-kacangan dan tahu.

Berikut beberapa tips memasak untuk mengurangi kandungan lemak:

  • Makanan berkuah bisa didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas agar lemak yang mengeras dipermukaannya bisa dihilangkan.
  • Sebaiknya daging dimasak dengan cara dibakar, direbus, atau dipanggang agar lemak bisa terlepas dari daging. Jangan digoreng.
  • Pilih perasan lemon, bumbu dapur atau herbal lain untuk ditambahkan pada sayuran daripada memakai keju, mentega, atau krim.

3. Mengkonsumsi Makanan Yang Lambat Dicerna

Contohnya seperti gandum, beras cokelat dan pasta. Makanan tersebut dicerna lebih lambat daripada makanan yang berbahan gandum putih, sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Seorang pakar mengatakan bahwa anda bisa merasakan manfaat dari wholegrain kira-kira setelah dua minggu mengonsumsinya. Salah satunya adalah terhindar dari konstipasi karena wholegrain memiliki serat yang tinggi.

Namun ada beberapa jenis wholegrain yang perlu diperhatikan karena justru kurang baik dikonsumsi saat diet. Jenis wholegrain yang baik adalah beras cokelat, oat, barley dan buckwheat yang belum diproses menjadi tepung. Wholegrain tersebut hanya memiliki 500 kalori per pound. Jadi anda tak perlu khawatir akan kelebihan kalori saat makan hingga kenyang.

 

Apabila kalori yang kita makan melebihi kalori yang dibakar melalui aktivitas normal sehari-hari dan olahraga, tentu menghasilkan kenaikan berat badan. Kebanyakan orang dewasa perlu mengurangi porsi makanan dan perbanyak aktivitas. Cara menurunkan berat badan dengan sehat dan mempertahankannya adalah dengan membuat perubahan pola makan dan olahraga yang permanen

Jika anda termasuk kategori overweight, anda perlu mengurangi 5-10% berat badan anda dengan mengurangi 0,5-1 kg setiap minggunya. Anda pasti bisa mengurangi berat badan sejumlah tersebut apabila anda makan dengan 500-600 kalori yang lebih rendah daripada yang anda makan biasanya setiap hari. Rata-rata lelaki dewasa membutuhkan 2500 kalori per hari dan rata-rata wanita membutuhkan 200 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan yang sama.

 

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia