Agar Tetap Prima Saat Puasa, Lakukan Olah Tubuh di Waktu Ini

Monitor – Puasa jangan jadi alasan untuk kita tampil tidak prima. Namun meski demikian, kita harus memiliki strategi dalam menjaga stamina selama puasa salah satunya mengatur waktu utk berolahraga. 

Ahli nutrisi dari Dubai gym Embody Fitness, Lulwa Alarmali  mengatakan dini hari setelah sahur bisa menjadi pilihan waktu IT tik melakukan olah tubuh.

"Waktu terbaik untuk melakukan latihan fisik selama bulan Ramadhan adalah pagi-pagi sekali setelah makan terakhir Anda, " ujar dia seperti dilansir Arabian Business. 

Selain itu, sekitar 1-2 jam sebelum berbuka puasa, karena memungkinkan tubuh menggunakan sumber bahan bakar eksternal daripada menghancurkan otot dan protein yang tak memiliki kemampuan untuk pulih.

Jika Anda memutuskan melakukan latihan fisik sebelum berbuka puasa, penting untuk segera melengkapi makanan saat berbuka dengan protein yang cepat dicerna, atau karbohidrat sebelum memulai makanan utama Anda.

Sebelum berpuasa, pastikan asupan cairan dalam tubuh tercukupi, yakni 2,5 liter per harinya, dan menghindari berbuka puasa dengan penganan terlalu manis, minuman berkabonasi, karena bisa memicu kadar insulin melonjak. 

Sebaiknya konsumsi kurma saat berbuka puasa. Bila tidak ada, buah pisang, pepaya atau semangka bisa menjadi pilihan Anda. (Ant)