7 Menu yang Harus Dihindari Saat Hamil!

MONITOR – Bagi para ibu muda yang tengah menikmati masa kehamilan, menjaga pola makan sehat tentu menjadi hal yang paling diperhatikan. Menu-menu yang kaya akan asam folat, protein tinggi, dan serat harus menjadi asupan utama demi kesehatan ibu beserta janin, nih.

Lantas, bagaimana dengan pantangan yang harus dituruti? Menu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ketika bunda tengah hamil? Makanya, simak terus artikel berikut ini!

1. Daging mentah

Sebenarnya tak hanya daging, melainkan semua makanan yang belum dimasak hingga benar- benar matang bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh wanita yang tengah hamil. Telur setengah matang, daging yang tidak matang, atau daun dan sayur mentah dikhawatirkan mengandung berbagai jenis bakteri dan kuman yang bisa berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Pada kasus tertentu, hal ini bisa saja memicu terjadinya gangguan pada kehamilan, lho.

2. Sushi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, makanan yang belum matang dapat membahayakan janin di dalam kandungan. Walaupun sudah menjadi menu populer di masyarakat kaum urban, sushi dan sashimi bisa saja terkontaminasi bakteri salmonella, toxoplasma, dan E. coli yang bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

3. Ikan makarel dan hiu

Sebenarnya ikan sangat baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, mengingat tingginya kandungan proteinnya yang memang dibutuhkan demi menjamin perkembangan janin yang sehat di dalam kandungan. Namun, berbeda pada ikan makarel dan hiu, nih!

Kedua jenis ikan yang satu ini justru jadi salah satu makanan yang harus dihindari ibu hamil, lho. Mengapa? Kedua jenis ikan ini mengandung kadar merkuri yang begitu tinggi. Nah, kadar merkuri yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak, keracunan, serta janin yang terlahir secara prematur.

4. Hati

Mengonsumsi organ hati binatang, seperti hati sapi, babi, kambing maupun ayam dan jenis unggas lainnya dapat meningkatkan risiko cacat pada bayi yang tengah dikandung, lho.

Hal ini dikarenakan hati memiliki kadar vitamin A yang terlalu tinggi, sehingga ibu hamil lebih disarankan untuk mengonsuimsi sayur serta buah-buahan demi mendapatkan kadar vitamin A yang sesuai.

5. Keju

Keju yang dimaksud di sini hanyalah jenis tertentu. Jenis keju yang harus dihindari seperti yang cenderung bertekstur lembut dan berwarna kebiruan, seperti keju Danish Blue, Camembert, Brie, dan Riquefort.
Alasannya, jenis-jenis keju tersebut mengandung bakteri Listeria yang dapat berbahaya bagi ibu serta janin yang dikandung.

6. Durian

Memang, mengonsumsi buah-buahan selama masa kehamilan sangat disarankan. Namun, beda halnya dengan buah durian. Nyatanya, durian bukanlah jenis makanan sehat untuk ibu hamil.

Pasalnya, durian mengandung alkohol dan asam arachidonat yang dapat memicu berbagai masalah di masa kehamilan, seperti berat badan bayi yang rendah dan keguguran. Bahaya, ya?

7. Pepaya muda

Sulit dipercaya, namun nyatanya buah pepaya muda yang belum matang memang tidak baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Mengapa? Kandungan lateks yang tinggi pada pepaya muda dipercaya dapat memicu konstraksi pada rahim, yang artinya tidak baik untuk kesehatan bunda beserta si jabang bayi.

Adakah salah satu menu di atas yang menjadi favorit bunda? Kalau ada, tahan dulu untuk sementara ya, hingga proses kehamilan usai, demi kesehatan si bayi mungil di dalam perut.