4 Manfaat Merawat Kuku untuk Kesehatan

MONITOR – Perawatan kuku baik di jari-jari tangan maupun kaki kadang dianggap sepele, padahal perawatan kuku sangat bermanfaat untuk kesehatan. Demikian juga kebersihan kuku justru dapat menunjang penampilan seorang.

Bagi seorang wanita perawatan kuku atau seringkali disebut predikur tentu memiliki manfaat lebih seperti agar nampak lebih cantik. Untuk itu, tidaklah heran jika banyak kaum hawa yang rela menghabiskan waktu berjam jam dan biaya tidak sedikit untuk melakukan perawatan ini.

Memperhatikan kesehatan kuku terutama kuku kaki dengan melakukan perawatan secara rutin sangatlah dianjurkan. Pasalnya, pedikur ini tidak hanya memberikan kuku yang cantik, tapi juga memberikan manfaat kesehatan. Berikut ini manfaat kesehatan dari melakukan pedikur seperti dilansir theeverygirl.com.

1. Pedikur membantu mencegah terjadinya infeksi

Jika Anda jarang mengoleskan pelembap pada kaki, pedikur dapat membantu menambah kelembapan kulit. Manfaat dari kulit kaki yang lebih lembap adalah terhalaunya kondisi tumit kaki pecah-pecah serta bahaya infeksi.

2. Mengangkat dan mencegah terjadinya callus

Kondisi callus atau mengerasnya kulit dapat diatasi jika Anda rutin mengoleskan pelembap di area kaki. Dengan melakukan pedikur, callus yang merupakan mekanisme tubuh untuk melindungi diri dari gesekan dan tekanan yang diterima, terutama di bagian kaki, kulit kaki Anda dapat terhindar dari luka atau peradangan yang tidak nyaman serta merusak kulit.

3. Merawat kaki mengingatkan Anda untuk rajin menjaga gaya hidup agar lebih sehat

Pijatan pada kaki seringkali dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dari kaki kembali ke jantung.

Meski belum tentu benar, namun pijatan kaki memang dapat membuat orang yang merasakannya menjadi lebih segar, sehingga kaki kembali mendapatkan energinya dan bisa beraktivitas secara aktif dan melancarkan sirkulasi darah di seluruh tubuh.

4. Membantu menjaga kesehatan persendian

Pijatan dan rendaman kaki dalam air hangat dapat membantu menyehatkan sendi-sendi tubuh. Dengan menerima pijatan pada kaki, Anda sedang memicu terjadinya gerakan menyeluruh pada tubuh dan membantu mengurangi kekakuan.

Merendam kaki dalam air hangat juga dapat membantu meredakan stres yang dialami persendian dan meredakan sakit di bagian-bagian tubuh samping untuk sementara waktu.

Meski banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dari pedikur, pedikur juga dapat berisiko mencelakai orang yang melakukannya jika tidak ditangani oleh profesional dengan alat yang tidak memadai.

Selalu pergi ke salon dan spa yang terpercaya agar kaki Anda pun menerima manfaat dari perawatan pedikur. Jaga juga kebersihan kuku dan kulit kaki, dan jangan terlalu memakai pewarna kuku bagi para wanita agar Anda tidak berpotensi terkena onychomycosis atau jamur pada kuku.

Advertisementdiskusi publik wagub dki