Fadli Zon Usul Dana Sidang IMF Dialihkan untuk Korban Gempa Lombok

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap korban bencana gempa Lombok yang belakangan terjadi secara beruntun.

Hal itu diutarakan Jokowi usai melaksanakan shalat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/8) kemarin.

Terkait ajakan Jokowi, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pun menyambut baik. Akan tetapi, ia menyoroti besaran anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk kegiatan sidang IMF-Bank Dunia di Bali pada Oktober mendatang.

Menurut Politikus Gerindra ini, anggaran sebesar Rp1 triliun itu sebaiknya dialihkan untuk bantuan mitigasi dan rehabilitasi gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Anggaran Rp. 1 trilyun untuk menjamu sidang IMF-Bank Dunia di Bali bulan Oktober 2018 sebaiknya dialihkan untuk mitigasi dan rehabilitasi gempa NTB,” ujar Fadli Zon dalam laman resmi Twitternya, Kamis (23/8).

Sebagaimana diketahui, selain Asian Games yang dilaksanakan di tahun 2018 ini, Indonesia juga ditunjuk sebagai tuan rumah dalam Pertemuan Tahunan IMF dan World Bank Group Tahun 2018 atau IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 (IMF-WBG AM 2018). Hajatan akbar ini akan dilaksanakan mulai tanggal 8-14 Oktober 2018 di Kawasan Nusa Dua, Bali.