Jumat, 26 April, 2024

Suku Bunga BI 7-day Repo Rate Turun 25 Basis Poin

MONITOR, Jakarta – Suku bunga acuan Bi 7-day Repo Rate turun sebesar 25 basis poin. Keputusan ini menyusul hasil  Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI).  Dengan demikian, suku bunga acuan BI turun dari 4,75 persen menjadi 4,5 persen. Kebijakan ini efektif mulai 23 Agustus 2017. 

" RDG BI juga memutuskan untuk menurunkan suku bunga deposit facility sebesar 25 basis poin menjadi 3,75 persen. Adapun suku bunga lending facility juga turun 25 basis poin menjadi 5,25 persen", ujar Agus dalam konferensi pers di Jakarta (22/8/2017).

Agus mengatakan  penurunan suku bunga acuan ini akan diikuti dengan penurunan suku bunga instrumen moneter lainnya. 

"Kebijakan moneter dengan rendahnya realisasi dan perkiraan inflasi tahun 2017 dan 2018 di dalam kisaran sasaran yang ditetapkan, serta terkendalinya defisit transaksi berjalan dalam kisaran batas aman", tambah Agus

- Advertisement -

Sementara itu, Risiko eksternal terkait rencana kenaikan suku bunga acuan AS dan normalisasi neraca bank sentral AS yang  mereda membuat perbedaan suku bunga di dalam dan luar negeri Indonesia tetap menarik.

"Kebijakan ini diharapkan dapat memperkuat intermediasi perbankan sehingga memperkokoh stabilitas sistem keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi," tutur Agus

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER