PLN Ajak Masyarakat Peduli Pengelolaan Sampah

MONITOR, Jakarta – Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2018 menjadi momen penting bagi Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dalam momentum ini, PLN memberikan kontribusinya melalui program pengelolaan sampah masyarakat. 

Aksi ini dilakukan agar masyarakat Indonesia semakin peduli dengan lingkungan sekitar. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat bahwa sampah bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

"Hari Peduli Sampah Nasional menjadi momentum PLN untuk menggerakkan potensi masyarakat pada bidang pengelolaan sampah. Sampah sudah tak lagi menjadi musuh bagi kalangan masyarakat yang aktif dalam pengeloaan sampah. Semua aksi yang dilakukan PLN ini semata-mata untuk masyarakat," ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka.

"Kami mengajak seluruh masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengelola sampah yang baik dan benar," sambungnya lagi.

Selanjutnya, Made menjelaskan bahwa PLN memiliki program yang berkelanjutan dalam pengelolaan sampah, yakni Bank Sampah PLN Peduli.

"Sekarang, bersama PLN Peduli, sudah lebih dari 50.000 nasabah dari beberapa Bank Sampah tersebar di Indonesia mampu mengelola sampah menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai ekonomis," paparnya.

Perlu diketahui, pada kegiatan ini, PLN Peduli memberikan bantuan program pengelolaan sampah dengan total Rp 413.950.000 di beberapa wilayah. Aksi-aksi yang dicanangkan oleh PLN Peduli dalam bantuan program pengelolaan sampah diantaranya adalah:

  1. Aksi Peduli Sampah Bersama 1.500 siswa di Bandung dan Bantuan Pengembangan 10 bank Sampah di Bandung pada 20 Januari 2018 senilai Rp 316 juta.
  2. Operasi Bersih Bebenah Ciliwung di Depok, Jawa Barat Bersama Masyarakat Peduli Ciliwung pada 24-25 Februari 2018 senilai Rp 25 juta.
  3. Aksi Puncak Agenda Tiga Bulan Bersih Sampah di Malang Kerjasama dengan Pemerintah Kota Malang pada 25 Februari 2018 senilai Rp 25 juta.
  4. Kampanye Peduli Sampah melalui Kegiatan Recycling Carnival dengan memanfaatkan produk daur ulang di Bantul, Yogyakarta pada 25 Februari 2018 senilai Rp 18 juta.
  5. Geruduk Sampah “Hari Peduli Sampah Nasional” di Rusun Marunda Jakarta pada 24 Februari 2018 senilai Rp 29,95 juta.