Perum Jamkrindo Ikuti Pembukaan Program SMN di Gedung Sate Bandung

MONITOR, Bandung – Perum Jamkrindo kembali menjalankan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan program pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sebagai kegiatan rutin  BUMN dalam turut serta membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa.

Acara yang yang digelar di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Senin, 17 Juli 2017 ini dihadiri Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Resiko I. Rusdonobanu dan sejumlah BUMN hadir dalam acara penerimaan dan pelepasan siswa SMN dari Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Jawa Barat.

Rusdono mengatakan bahwa tahun ini Perum Jamkrindo   menerima sebanyak 27 siswa  yabg berasal dari Jawa Barat untuk melaksanakan program kegiatan SMN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang.

“Perum Jamkrindo bersama dengan PT Sucofindo menjadi pelaksana program SMN di Bangka Belitung menerima siswa asal Jawa Barat,” kata Rusdono.

Sebelumnya,Perum Jamkrindo juga mengirimkan sebanyak 20 siswa dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ikut program ini. diserahkan kepada BUMN yang akan melaksanakan kegiatan  SMN di Bandung, Jawa Barat yakni Bank Mandiri dan Bio Farma, Perum Jasa Tirta II dan PTPN VIII.

Kegiatan pertukaran pelajar siswa ini diikuti oleh siswa/i dari SMU/SMK dan SLB yang berprestasi  ini telah menjalani seleksi diwilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan SMN selama 7 hari.

Program SMN diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya yakni kegiatan memahami budaya-budaya,mencintai keindahan alam, menghayati serta belajar dari potensi sumber daya alam dan leluhur bangsa ini. Harapannya para siswa SMN bisa mempunyai pengalaman positif dan akan merefleksinya untuk di kehidupannya dan masa depannya. 

Menurut Rusdono, kegiatan yang merupakan bagian program BUMN Hadir untuk Negeri ini selalu disambut antusias oleh para siswa diseluruh Indonesia. 

“Dengan program ini, siswa bisa mengenal budaya nusantara lebih dalam bahwa masih ada keanekaragaman budaya daerah yang tidak sama dari satu daerah dengan daerah lain dengan demikian wawasan tentang nusantara semakin luas,” ujarnya.

Sebagai BUMN PIC Provinsi Bangka Belitung, di Ibukota Provinsi Babel, Perum Jamkrindo memiliki Kantor Cabang Pangkal Pinang dibawah pengelolaan Kantor Wilayah Palemban, Kantor Cabang Pangkal Pinang ini yang menangani teknis dilapangan terkait pelaksanaan BUMN Hadir Untuk Negeri termasuk salah satu kegiatannya akan mendampingi Siswa dari Jawa Barat. 

Di usianya yang ke-47 awal Juli ini, Perum Jamkrindo terus tumbuh menjadi lokomotif industri penjaminan di Indonesia. Tercatat berdasarkan Laporan keuangan konsolidasian Perum Jamkrindo memiliki aset sebesar Rp14,146 Trilyun dan Ekuitas Rp10,626 Trilyun per Juni 2017

Perum Jamkrindo ditunjuk oleh pemerintah sebagai salah satu Penjamin Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan total volume kredit yang dijamin sebesar Rp24,62 Trilyun sedangkan Volume Penjaminan untuk kredit Non KUR sebesar Rp45,79 Trilyun sampai dengan Bulan Juni 2017.

Saat ini layanan Perum Jamkrindo telah tersebar diseluruh indonesia, dengan hadirnya 9 Kantor Wilayah, 56 Kantor Cabang dan 14 Kantor Unit Pelayanan yang tersebar di Ibukota Provinsi dan Kabupaten seluruh indonesia.

Khusus di Wilayah Jawa Barat sendiri, terdapat 1 Kantor Wilayah, yang membawahi Kantor Cabang Bandung (terletak di ujung jalan soekarno hatta), Kantor Cabang Sukabumi, Purwakarta, Cirebon, Tasikmalaya, dan 1 Kantor Unit Pelayanan di Cimahi.