Malam Penganugerahan, KJRI Jeddah Promosi Budaya Indonesia

MONITOR, Jakarta – Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, Gunawan menambahkan, malam penganugerahan Primaduta dan Duta Niaga ini digunakan juga sebagai ajang promosi makanan Indonesia serta pariwisata “Wonderful Indonesia” salah satunya dengan memutar video singkat destinasi tujuan wisata di Indonesia. Selain itu, ditampilkan juga beberapa tarian Indonesia yang dibawakan oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) seperti tari saman, tari candik ayu, tari rampak tilatang, tari mangose padan, dan tari angin mamiri.

“Kami ingin menunjukan betapa Indonesia kaya akan budaya dan tradisi yang berpotensi sebagai magnet wisatawan Timur Tengah khususnya Arab Saudi,” imbuhnya. Sebagai penutup, KJRI Jeddah menganugerahkan Certificate of Appreciation kepada Jeddah Chamber of Commerce and Industry. “Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas hubungan dan kerja sama yang baik selama ini. Diharapkan hubungan bilateral dapat ditingkatkan pada tahun mendatang dengan capaian nilai transaksi perdagangan kedua negara yang lebih,” ujar  Hery.

Berdasarakan data Statistik Perdagangan yang diolah oleh Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia-Arab Saudi pada periode Januari-September 2017 mencapai USD3,33 miliar, atau naik 9,64% dibandingkan periode yang sama di tahun 2016 sebesar USD3,04 miliar.
Sedangkan untuk perdagangan migas periode Januari-September 2017 sebesar USD1,678 miliar, atau naik 12,88 % dibandingkan periode yang sama di tahun 2016 sebesar USD1,486 miliar. Untuk sektor nonmigas, neraca perdagangan Indonesia mengalami kenaikan sebesar 6,53% dari USD1,55 miliar selama Januari-September 2016 menjadi USD1,65 miliar pada periode yang sama di tahun
2017.

Khusus untuk ekspor nonmigas ke Arab Saudi sampai dengan bulan September 2017 telah mencapai USD1,079 miliar atau mengalami kenaikan 5,58% dibanding periode yang sama di tahun 2016 sebesar USD1,02 miliar. Total ekspor nonmigas Indonesia ini hanya menyuplai kebutuhan 12,80% dari total impor Arab Saudi pada periode yang sama bulan September 2017. Sedangkan untuk nilai impor arab Saudi dari seluruh dunia sampai dengan bulan September 2017 sebesar USD 8,429 miliar.