Januari 2018, Progres Tol Japek II Elavated Lampaui Target

MONITOR, Jakarta – Jasa Marga mencatat realisasi pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta -Cikampek II (Elavated) menunjukkan progres yang positif. Pasalnya hingga pekan kedua Januari 2018, progres pembangunan kontruksi telah mencapai 20,174 persen, atau melebihi target yang dapatok 20,159 persen.

Kendati telah melampaui target, Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwiyono selaku pengelola mengaku belum merasa puas. Menurutnya sejumlah tantangan masih menunggu seiring dengan progres pembangunan yang terus meningkat.

"Tantangan utamanya adalah kepadatan volume kendaraan, dan disini sedang berlangsung juga kegiatan empat proyek lain. Padahal rekayasa lalulintas selalu dilakukan, seperti misalnya seminim mungkin menutup lajur dalam waktu singkat, atau melakukan contra flow serta imbauan menggunakan rute perjalanan alternatif lainnya apabila kondisi jalan sangat padat. Namun memang volume kendaraannya sangat padat," kata Djoko dalam siaran pers, Senin (22/1).

Ya, selain kepadatan volume kendaraan di Ruas Jakarta-Cikampek, di ruas tersebut juga terdapat empat proyek infrastruktur lainnya, diantaranya yakni Light Rail Transit (LRT), High Speed Railway (HSR), Jalan Tol Cibitung-Cilincing, serta proyek internal Cabang Jakarta-Cikampek.

Djoko menyebutkan, pihaknya akan terus melakukan segenap upaya percepatan guna merealisasikan target yang telah ditetapkan untuk dapat dioperasikan pada bulan April 2019.

Sebagai informasi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elavated) merupakan proyek inisiasi Jasa Marga sebagai solusi dari kepadatan yang sering terjadi di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sekaligus menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek/Bandung atau menuju Jakarta. Jalan tol sepanjang kurang lebih 38 km tersebut membentang di ruas Ckunir-Karawang Barat.