Indosat Ooredoo Kembali Gelar Kompetisi Inovasi Teknologi IWIC Ke-11

MONITOR, Jakarta – Indosat Ooredoo untuk yang ke-11 kalinya menggelar Kompetisi Inovasi Teknologi Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC). Mengambil tema "Digital Nation", rangkaian IWIC resmi dibuka hari ini Senin (25/9), di DigiPlanet, Kantor Indosat Ooredoo, Jakarta Pusat.

Presiden Direktur sekaligus CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, berharap inovasi yang datang dari Indonesia tak hanya bermanfaat di kancah lokal tapi juga global. Karena itu, Indosat semakin gencar membantu perkembangan aplikasi lokal.

"Di IWIC ke-11, kami sekaligus membuka akses pengembang aplikasi ke pelanggan melalui API (application program interface). Pengembang lebih mudah mengakses pelanggan dengan karakter tertentu. Kami harap pembukaan API ini mendorong pertumbuhan aplikasi lokal" kata Alexander Rusli, di Jakarta.

Alexander Rusli menegaskan Indosat selalu menjadi pelopor inovasi digital. IWIC sendiri merupakan kompetisi aplikasi digital mobile pertama yang digelar di Indonesia.

"Pembukaan API ini kami juga menjadi perusahaan telko pertama yang mengakomodir," tutur Alex

Setelah sepuluh tahun penyelenggaraannya, program unggulan Indosat Ooredoo ini telah mengumpulkan lebih dari 10.703 proposal ide dan aplikasi digital anak bangsa. beberapa dari karya inovatif pemenang IWIC telah dapat dinikmati oleh masyarakat.

”Kami berharap semakin banyak aplikasi yang bisa dinikmati masyarakat, karena ke depan para developer akan dapat berkenalan dengan API Indosat Ooredoo. API atau application programming interface merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. API yang disediakan Indosat Ooredoo akan memberikan akses lebih cepat terhadap sebuah aplikasi untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan,” tambah Alexander Rusli.

Pada gelaran IWIC ke-11, kategori kompetisi yang dapat diikuti yaitu: kategori Kids & Teens, Beginner, Professional  dan Women & Girls. Kategori-kategori ini akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (social media, chatting, ebook) dan juga Special Needs. Para peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk system operasi Android, iOS, Windows Mobile