Jumat, 26 April, 2024

Ribuan Rumah di Dogiyai, Papua bebas Gelap dengan LTSHE

MONITOR, Dogiyai – Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) menjadi andalan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencapai target rasio elektrifikasi nasional 99 persen tahun 2019, terutama untuk kawasan terpencil, tertinggal, terluar (3T).

Menjelang akhir tahun, upaya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menerangi daerah-daerah 3T terus digiatkan. Kali ini sebanyak 4.680 rumah di Kabupaten Dogiyai, Papua, mendapat giliran bantuan LTSHE gratis.

Pembagian LTSHE untuk rumah-rumah belum terjangkau aliran listrik PLN berlangsung di Dusun Bukapa, Distrik Kamu, Kab. Dogiyai, Kamis (13/12). Menteri ESDM Ignasius Jonan diwakili Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Wawan Supriatna, dan Staf Khusus Menteri ESDM Hadi M Djuraid.

Masing-masing rumah mendapat satu paket LTSHE yang berisi papan panel surya, empat lampu LED beserta baterai, dan kabelnya, serta dilengkapi colokan untuk charge ponsel. Digaransi nyala selama tiga tahun.

- Advertisement -
Foto: Istimewa

Tokoh masyarakat Dusun Bukapa, Pendeta Yohannes Tatiwau menyambut gembira pembagian LTSHE di dusunnya. “Sekarang sudah ada lampu di rumah, kita tidak lagi dalam gelap. Bisa mengerjakan banyak hal dalam terang. Anak-anak juga bisa belajar di malam hari,” ucap Yohannes.

Menurut Wawan Supriatna, pada tahun 2018  program LTSHE menjangkau16 provinsi. Hingga akhir Desember LTSHE sudah menerangi 167.215 rumah atau sekitar 97 persen dari target.

Pada tahun 2019 program LTSHE direncanakan akan menerangi sebanyak 98.481 rumah di kawasan 3T d1 27 provlnsl.

“Tahun ini target pemasangan LTSHE di Dogiyai sudah terpenuhi, harapan kami tahun depan kami dapat melanjutkan pemasangan di dusun-dusun lain yang masih gelap,” kata Wawan Supriatna dalam acara sederhana di aula gereja setempat.

Sebelumnya Kepala Distrik Kamu, Moses Pigai, menyampaikan terima kasih dan penghargaan ya kepada Kementerian ESDM. Ia berharap program ini dilanjutkan, karena belum semua rumah belum berlistrik mendapat pembagian LTSHE. “Supaya tidak ada lagi rumah gelap tanpa penerangan di Distrik Kamu, atau di Dogiyai umumnya,” harap Moses.

LTSHE adalah implementasi Nawa Cita di sektor ESDM, dan merupakan terobosan Menteri ESDM Ignasius Jonan untuk mencapai target elektrifikasi nasional 99 persen pada 2019. LTSHE difokuskan untuk daerah-daerah belum terjangkau listrik PLN di kawasan  3T.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER