Edukasi Pebisnis dalam Optimalkan Strategi Logistik, Ralali.com Gandeng SAP Express

MONITOR, Tangerang – Seiring dengan pertumbuhan pengguna internet, perilaku konsumen dalam berbelanja online juga terus berevolusi. Tidak sekedar berbelanja atau melihat barang, saat ini konsumen memiliki tendensi untuk mengecek segala sebelum melakukan pembelian. 

Sebanyak 51% konsumen mengecek kondisi barang lewat online, seperti ketersediaan barang, cara pembayaran, perbandingan harga, hingga jasa pengiriman yang digunakan. 
Setelah sukses mengadakan Merchant Gathering yang pertama pada 13 Juni lalu, kali ini Ralali.com kembali membantu para wirausaha untuk mengembangkan bisnisnya.

Berkolaborasi dengan SAP Express, Merchant Gathering kali ini bertujuan untuk mengedukasi para pebisnis dalam mengoptimalkan strategi logistik agar memperlancar usahanya dalam hal pengiriman.

 “Saat ini hampir semua lini usaha berkembang ke arah online. Hal ini tentu saja meningkatkan kebutuhan akan jasa pengiriman yang profesional dan terpercaya. Seorang wirausaha yang baik harus mampu memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya,” ungkap M. Azhari, Business Development & Retail SAP Express.

Selain memilih jasa pengiriman, wirausaha juga harus mengoptimalkan strategi logistik lainnya untuk meningkatkan penjualan seperti pengelolaan order, pengaturan promo, dan penyimpanan barang. “Ralali.com menawarkan kemudahan dalam mengatur kebutuhan logistik tersebut. Platform kami menyediakan seller panel yang mudah diakses sehingga penjual dapat memberikan tampilan yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan toko,” jelas Alexander Lukman, Chief of Product & Corporate Strategy Director Ralali.com, saat ditemui pada event Merchant Gathering, Sabtu (22/7), di Private Room lt.2 Jl. RS Fatmawati No. 6, Jakarta Selatan.

Tidak hanya menyediakan seller panel yang berkualitas, saat ini Ralali.com juga memiliki fitur Super Seller yang menawarkan beberapa keuntungan lebih bagi Mitra Ralali (seller di Ralali.com-red). Beberapa keuntungan yang diberikan dengan bergabung menjadi Super Seller yakni fasilitas marketing campaign, saluran media digital, dan badge kredibilitas.

Didirikan pada tahun 2013, Ralali.com adalah B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant & Café), dan lainnya. Di usia 4 tahun ini, Ralali mendapatkan pertumbuhan yang cukup baik yaitu kenaikan jumlah transaksi dari awal tahun 2017 sampai akhir Juni sebesar 921%. Seiring dengan sosialisasi yang dilakukan seperti pameran, edukasi di lingkungan pendidikan dan juga pendekatan dengan komunitas-komunitas bisnis lokal di beberapa kota Indonesia, pertumbuhan jumlah pengunjung yang dialami menunjukan hasil sangat positif yaitu lebih dari 300% atau sekitar 1 juta lebih pengunjung dibandingkan awal tahun 2017.