Citilink Buka Penerbangan Langsung Medan-Yogyakarta

MONITOR, Jakarta – Citilink Indonesia terus menambah rute-rute penerbangan baru di sepanjang September 2017, kali ini dengan membuka rute penerbangan langsung Medan – Yogyakarta PP mulai Rabu, 20 September 2017, sekaligus memperluas akses bisnis dan pariwisata di kedua wilayah tersebut.

“Penerbangan langsung Medan – Yogyakarta ini diharapkan mampu memperkuat posisi penting kedua wilayah yang sama-sama giat membangun dengan menghubungkan pusat perekonomian, pariwisata dan pusat pendidikan yang ada di kedua daerah dan juga konektivitas nusantara,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, Rabu (30/8).

Juliandra mengatakan, pembukaan rute ini selain sebagai bagian dari strategi pengembangan bisnis juga menunjukkan komitmen serius Citilink Indonesia untuk membantu mempercepat pencapaian target Kementerian Pariwisata RI untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga tahun 2019.

"Sumatera Utara dan Yogyakarta memiliki arti strategis dalam percepatan pembangunan nasional sehingga diharapkan melalui penerbangan langsung dapat mengakselerasi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Sumatera Utara dan Yogyakarta merupakan dua dari 10 destinasi prioritas wisata pemerintah RI karena terdapat Danau Toba dan Candi Borobudur, selain Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Morotai, Kepulauan Seribu, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi serta Labuan Bajo.

Medan dan Provinsi Sumatera Utara pada umumnya dikenal sebagai salah satu pusat perekonomian terbesar di Indonesia sekaligus pintu gerbang perdagangan di wilayah Indonesia Barat dengan tingkat pertumbuhan ekonomi menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 5,18 persen pada tahun 2016. Begitu juga dengan keindahan alam Danau Toba yang kini sedang berjuang memperoleh status sebagai Global Geopark dari UNESCO.

Sedangkan Yogyakarta sejak zaman dahulu dikenal sebagai pusat kebudayaan, pariwisata dan pendidikan Indonesia. Yogyakarta memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat mendunia seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. 

Yogyakarta dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 5,12 persen pada triwulan I 2017 juga menjadi kota favorit pilihan mahasiswa Indonesia untuk menuntut ilmu yang dibuktikan dengan banyaknya jumlah perguruan tinggi yang terdapat di Yogyakarta.

Selain itu, penerbangan langsung Medan – Yogyakarta ini juga diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi kedua kota tersebut sehingga memudahkan perjalanan bagi para pelajar maupun pebisnis dalam melakukan kegiatan mereka. 

"Dengan berbagai potensi luar biasa yang dimiliki oleh kedua daerah tersebut, Citilink Indonesia optimis bisa mencapai target rata-rata tingkat keterisian kursi (Seat Load Factor – SLF) minimum sebesar 85 persen pada rute penerbangan ini," kata Juliandra.

Sedangkan penguasaan market share di rute tersebut, Juliandra optimis bahwa Citilink Indonesia dapat meraih target sebesar 55 persen dari pasar yang sudah ada.

Penerbangan langsung rute baru Medan – Yogyakarta dengan nomor penerbangan QG 980 tersebut akan ditempuh dalam tiga jam 10 menit dengan waktu keberangkatan dari Medan pukul 12.00 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 15.10 WIB. 

Sementara itu, penerbangan dari Yogyakarta – Medan dengan nomor penerbangan QG 981 akan ditempuh dalam dua jam 55 menit dengan waktu keberangkatan pukul 15.55 WIB dan tiba di Medan pukul 18.50 WIB.