Mantapkan Komitmen Peduli Lingkungan, Jasa Marga Luncurkan “Giving Back to Nature”

1003
Menteri BUMN Rini Soemarno hadir dalam acara peluncuran “Giving Back to Nature” di Jasa Marga River Front Edu Centre Bank Sampah Sungai Cisadane

MONITOR, Tangerang – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meluncurkan “Giving Back to Nature” di Jasa Marga River Front Edu Centre Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci), Kelurahan Panunggangan, Kecamatan Cibodas, Tangerang, Jumat (22/3).

Banksasuci sendiri merupakan wilayah binaan Jasa Marga yang diarahkan untuk mengelola sungai secara terintegrasi, yaitu dengan memelopori penanaman pohon untuk mengurangi polusi, mengelola keberagaman hayati yang berada di bantaran sungai, dan mengelola sampah yang didapat dari Sungai Cisadane.

Atas usahanya membina Banksasuci, Jasa Marga meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2018 (IGA 2018) dari The La Tofi School of CSR untuk kategori mengembangkan keanekaragaman hayati, memelopori pencegahan polusi, dan mengembangkan pengelolaan sampah terpadu.

Hal ini menunjukkan komitmen nyata Jasa Marga dalam pelestarian lingkungan hidup melalui program-program CSR yang turut memberdayakan masyarakat sekitar, yaitu melalui program Jasa Marga “Giving Back to Nature”.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meluncurkan “Giving Back to Nature” di Jasa Marga River Front Edu Centre Bank Sampah Sungai Cisadane

Peluncuran “Giving Back to Nature” ini turut dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, dan Wali Kota Tangerang Arief Rachadiano Wismansyah.

Dalam sambutannya, Rini Soemarno menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Jasa Marga dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, khususnya di wilayah bantaran sungai. Ia pun menyebutkan bahwa kerja Jasa Marga di Banksasuci ini merupakan bukti nyata dari kehadiran BUMN dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia yang kemudian memberi impresi positif bagi BUMN secara keseluruhan.

“Program seperti ini perlu untuk terus dilanjutkan dan juga dikembangkan di sungai-sungai lainnya, disinilah BUMN bisa mengambil peranannya untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Desi Arryani mengatakan bahwa Jasa Marga berkomitmen untuk terus menggalakan program peduli lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui Jasa Marga “Giving Back to Nature”

“Pun wilayah ini akan terus kita kembangkan agar manfaat kepada masyarakat lebih besar lagi. Juga menyusul sungai-sungai lain untuk kita kelola bersama masyarakat,” ungkapnya.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiano Wismansyah dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih atas kerja nyata BUMN, khususnya Jasa Marga, untuk pemberdayaan masyarakat dan revitalisasi lingkungan hidup.

Dalam kesempatan ini, Rini Soemarno bersama Desi Arryani juga melakukan penanaman pohon secara simbolis, serta menyapa para pecinta alam yang tengah menggelar kegiatan kemah bersama dalam rangka Hari Air Sedunia di area Bantaran Sungai Cisadane.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meluncurkan “Giving Back to Nature” di Jasa Marga River Front Edu Centre Bank Sampah Sungai Cisadane

Di lokasi Jasa Marga River Front Edu Centre Banksasuci sendiri terdapat Gudang Rezeki dan PAUD, yang berfungsi sebagai wadah pemberdayaan ekonomi, sosial, pendidikan, dan budaya masyarakat di sekitar Sungai Cisadane.

“Giving Back to Nature” merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Jasa Marga ke-41 tahun yang dilaksanakan selama bulan Maret 2019. Kegiatan-kegiatan lain yang juga dilakukan seperti Roadster Rescue Competition, Senior Roadster: Trans Java Expedition, Roadster Festival Trans Java dan Roadster Golf With Stakeholder.

Jasa Marga akan bersinergi dengan PT Pegadaian melalui program ‘Bank Sampah’ dimana sampah yang dikumpulkan dan dipilah akan ditukarkan dengan emas.

Di tempat yang sama, Rini Soemarno juga mengikuti kegiatan Pangan Murah yang dilaksanakan oleh Jasa Marga. Dalam kegiatan ini, 300 paket sembako Murah yang terdiri dari Beras 5 kg, Minyak 2 liter Gula pasir 2 kg yang disediakan oleh Koperasi Karyawan Jasa Marga.