Selasa, 19 Maret, 2024

Atas Aksi Heroik Yohanis Lau, PLN Beri Beasiswa hingga S1

MONITOR, Jakarta – PT PLN (Persero) memberikan bantuan beasiswa hingga jenjang pendidikan tinggi strata 1 (S1) untuk Yohanis Marschal Lau, siswa SMP Negeri Silawan, Atambua, NTT, atas aksi heroik yang dilakukannya.

Sebelumnya, sebuah video merekam aksi heroik Yohanis yang merupakan pelajar SMP di Atambua saat pelaksanaan upacara bendera di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motaain, Kab. Belu, NTT.

Di mana Yohanis memanjat tiang bendera untuk memasang tali tiang yang putus sebelum pengibaran bendera dilakukan pada Jumat (17/8).

Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali mengapresiasi tindakan Yohanis yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan cinta NKRI.

- Advertisement -

“Aksi Yohanis sangat nasionalis sekali. Kami salut dengan anak ini. Mulai saat ini, Yohanis menjadi Putra PLN dan akan mendapatkan beasiswa sampai dengan tingkat S1,” kata Ali, Minggu (19/8).

Sejak video tersebut beredar, PLN segera mendatangi alamat rumah Yohanis dan bertemu kedua orangtuanya, yaitu Victorino Fahik Marschal dan Lorenca Gama.

PLN pun juga mengabarkan bahwa Yohanis akan mendapatkan beasiswa pendidikan hingga kuliah S1. Yohanis juga mempunyai cita-cita menjadi seorang tentara.

Yohanis tinggal di Dusun Halimuti, Desa Silawan Kec. Tastim, Kab. Belu. Jarak rumahnya dari kota Atambua sekitar 21 kilometer dan 2 kilometer dari PLBN Terpadu Motaain yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Aksi anak bungsu dari 9 bersaudara ini membuat decak kagum para peserta upacara saat itu, terlebih warga internet yang melihat aksinya lewat dunia maya.
Tindakan Yohanis menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia karena menunjukkan betapa putra bangsa yang tinggal di daerah perbatasan sangat mencintai negaranya.

“Yohanis memiliki inisiatif yang tinggi, berani mengambil keputusan dalam waktu singkat, berani mengambil resiko, membanggakan dan bisa menjadi tauladan bagi generasi muda Indonesia,” paparnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER