Tanpa Ragu, Ketum GP Ansor Jagokan Gus Ipul di Pilgub Jatim

MONITOR, Sidoarjo – Ketua Umum GP Ansor Pusat Yaqut Cholil Qoumas mengaku mendukung penuh Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Pernyataan itu disampaikannya saat membuka Konferensi Besar XXII dan Konsolidasi Nasional GP Ansor di Hotel Utami, Sidoarjo, Sabtu (16/9).

Namun dukungan tersebut ia berikan murni atas nama pribadi, bukan membawa ataupun mewakili institusi GP Ansor. Sebab GP Ansor bukanlah partai politik.

"Secara pribadi, jelas pilihan saya Gus Ipul. Namun secara organisasi, GP Ansor bukan partai politik," ujar Yaqut.

Terkait dukungannya itu, Yaqut menyatakan sudah melalui berbagai pertimbangan matang. Ia menilai sosok Gus Ipul mampu memimpin Jatim untuk lebih maju.

Terlebih, menurutnya pengalaman Gus Ipul di bidang politik dan pemerintahan sudah tak perlu diragukan lagi. Selama berkarir di Wakil Gubernur, Gus Ipul cukup mumpuni untuk memimpin masyarakat Jatim.

Yaqut menuturkan, pengalaman politik dan pemerintahan Gus Ipul selama menjadi Wakil Gubernur dinilai sudah sangat mumpuni untuk memimpin Jatim.

Perlu diketahui, saat ini di Pilgub Jawa Timur 2018 Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul akan bersaing ketat dengan Khofifah, jikalau maju. Meski keduanya berlatar dari ormas yang sama, Partai Kebangkitan bangsa (PKB) sebagai basis terbesar Nahdlatul Ulama sudah resmi memberikan dukungannya kepada Wakil Gubernur Jawa Timur ini saja.