Ridwan Kamil Optimis Depok Bisa Jadi Kota Modern, Ini Alasannya

MONITOR, Depok – Wali Kota Bandung yang juga Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku optimistis Kota Depok bisa menjadi kota modern. Alasannya, masyarakat Depok cukup mengerti dengan teknologi dan dinilai mampu memanfaatkannya.

“Optimisme Depok jadi kota modern dan manusiawi, sebab potensinya banyak sekali,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil saat mengunjungi Komunitas Kreatif di Code Margonda, Sabtu (7/10) kemarin.

Untuk itu, Kang Emil berharap masyarakatnya tidak hanya berkutat di dalam ruangan, tapi juga bersosialisasi dan lebih sering berada di luar ruangan. 

“Orang Depok itu pintar-pintar, cuma kota ini jangan hanya jadi cangkang saja, harus manusiawi, harus bikin betah, jangan sampai orang Depok itu nyamannya in-door. Harus bisa menghidupkan budaya out-door, kalau budaya out-door itu pasti peradabannya toleran, akan lebih rileks karena lebih menghargai keindahan alam,” ujarnya.

Dia juga meminta agar pemerintah daerah dapat lebih memanfaatkan teknologi informatika untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kota Bandung telah membuktikannya.  

“Saya membuat aplikasi agar pelaporan dapat cepat sampai, kalau tidak ada teknologi ini bagaimana saya bisa tahu masalah-masalah yang terjadi di daerah-daerah, jadi setiap ada masalah dapat ditangani dengan cepat,” katanya.

Kang Emil berjanji, pemanfaatan teknologi informatika akan menjadi keharusan di seluruh wilayah pemerintahannya, bila dia terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat. 

“Tadi ada yang tanya bagaimana dengan kota-kota yang tidak melek IT (Teknologi Informatika), saya bilang gampang, kalau saya jadi Gubernur nanti kan gampang, kita perintahkan untuk naik standar. Kalau tidak nurut, bantuan (anggaran) ditahan, kalau yang nurut, bantuan ditambahkan. Itu yang terjadi di Bandung, camat-camat yang nurut kita beri insentif, yang nggak nurut tidak kita kasih,” tegas Kang Emil.

Advertisementdiskusi publik wagub dki