LRT Sumatera Selatan Siap Menyambut Asian Games

LRT Sumatera Selatan siap beroperasi pada Juli mendatang (net)

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimis Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan akan selesai dan dioperasikan pertengahan Juli 2018. Rencananya, LRT ini akan digunakan untuk mendukung perhelatan akbar Asian Games 2018.

“Kementerian Perhubungan memastikan tingkat keamanan dan keselamatan dalam pengoperasiannya nanti,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dalam keterangan persnya, Minggu (24/6).

Lanjut Zulfikri, Kemenhub telah melakukan serangkaian pengujian sarana dan prasarana LRT pada bulan Mei 2018 dan uji coba dinamis telah dilakukan pada Kamis (21/6) dari stasiun Jakabaring menuju stasiun Palembang Icon.

Pembangunan LRT Sumatra Selatan, menurut Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, merupakan amanah dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2015 dan Perpres 55 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit di Provinsi Sumatra Selatan.

“Perpres tersebut menugaskan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, sebagai pelaksana Pembangunan Prasarana Kereta Api Ringan/LRT di Sumatra Selatan serta PT. KAI (Persero) sebagai operator LRT Sumatra Selatan,” tambah Zulfikri.

Pekerjaan pembangunan LRT Sumsel, tambah Dirjen Perkeretaapian, sepanjang ± 23 kilometer (km) dilengkapi dengan 13 stasiun, 1 depo dan 9 gardu listrik dengan menggunakan lebar jalur rel 1067mm dan third rail electricity 750 VDC telah dimulai sejak Oktober tahun 2015 dengan pembiayaan APBN.

“LRT Sumsel ini akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan sport city Jakabaring. Selain digunakan sebagai sarana transportasi yang dapat mengurangi beban jalan raya dan penggunaan kendaraan pribadi, juga akan digunakan sebagai venue untuk perhelatan Asian Games tahun 2018,” ujarnya.