Kecenderungan Bunuh Diri Tinggi, Pemkab Gunung Kidul Bentuk Satgas

MONITOR, Jakarta – Bupati Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Badingah merasa perlu membentuk sebuah tim dalam mengatasi kencederungan tindak bunuh diri di kalangan warga di daerah setempat.

"Kami berharap Surat Keputusan Nomor 121/KPTS/TIM/2017 tentang Pembentukan Tim Penanggulangan dan Pencegahan Bunuh Diri dapat menekan angka kasus bunuh diri di Gunung Kidul," kata Asisten Bidang Pemerintahan Rakyat Setda Gunung Kidul Agus Prihastoro di Gunung Kidul, Rabu.

Penanganan bunuh diri memang membutuhkan koordinasi semua pihak. Ia mengatakan kasus bunuh diri pada 2017 sudah mencapi 20 orang dan dua kasus percobaan bunuh diri.  

"Butuh koordinasi semua pihak, baik jajaran pemerintah, kepolisian, Kementerian Agama, kesehatan, Forum Kerukunan Umat Beragama dan pihak terkait," katanya.

Kepala Kementerian Agama Gunung Kidul Mukotib menambahkan upaya pencegahan bunuh diri dilakukan melalui dakwah keagamaan.

"Kami mengoptimalkan para penyuluh di lapangan, diharapkan akan menyasar ke warga rentan yang tidak terjangkau," katanya.

Menurut dia, bagi warga yang tidak bisa mendatangi pengajian atau kegiatan tentang pencegahan bunuh diri akan didatangi. "Melalui penguatan iman dan takwa tentu harapannya angka bunuh diri dapat dikurangi," katanya.
 

 

Sumber : Antara