Temui Sri Sultan, Rokhmin Dahuri berbagi Strategi Pembangunan Maritim di Yogyakarta

MONITOR, Yogyakarta – Gubernur Yogyakarya Sri Sultan Hamengkubuwono X bertemu dengan Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB, Prof. Rokhmin Dahuri di Rumaj Dinas Keraton Yogyakarta, Senin (19/11/2018) malam.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya terlibat diskusi mengenai Pembangunan Maritim berbasis Inovasi dan Budaya. “Provinsi DIY (Yogyakarta) memiliki potensi besar di sektor Kelautan,” ujar Rokhmin.

Menurut mantan menteri kelautan dan perikanan itu, ada tiga potensi ekonomi kelautan di Yogyakarta yang jika dimaksimalkan pengelolaannya dapat berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ketiga potensi itu menurutnya adalah perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan pariwisata bahari.

“Tiga potensi tersebut dimiliki Yogyakarta. Itulah yang coba kita diskusikan dan rumuskan strateginya untuk dikelola secara optimal dengan ragam inovasi dan budaya yang sesuai dengan kondisi Yogyakarta,” ungkapnya.

Usai bertemu Sri Sultan, Rokhmin bersama tim kemudian meninjau Pelabuhan dan Kawasan Industri Perikanan Terpadu Adi Kerto, Kulon Progo pada selasa (20/11/2018).