Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Berpotensi Terjang Jakarta

ilustrasi

MONITOR, Jakarta – Bagi Anda yang sering dan akan beraktifitas di luar rumah, sebaiknya lebih berhati-hati. Sebab, Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) memperkirakan wilayah Jakarta dan sekitarnya berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir selama tiga hari ke depan terhitung sejak hari ini, Senin 10 Desember 2018.

BMKG pun mengingatkan warga Jakarta agar lebih waspada. Dari situs resmi BMKG, lima wilayah kota Jakarta hari ini berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari. Pada malam harinya, cuaca di lima kota Jakarta diprediksi cerah berawan hingga dini hari dengan suhu rata-rata 25 hingga 32 derajat celcius. Namun BMKG mengingatkan hujan disertai petir dan angin kencang tetap berpotensi terjadi terutama di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur.

Fenomena hujan disertai petir dan angin kencang itu diprediksi terjadi pada siang dan malam hari dalam durasi singkat. Esok hari, BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari. Suhu berkisar antara 23 hingga 32 derajat celcius.

Kemudian pada Rabu 12 Desember 2018, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Djatmiko mengatakan hal yang patut diwaspadai dari potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di Jakarta adalah bencana pohon tumbang. “Pantauan kami potensi banjir rendah. Tapi warga tetap harus waspada pohon tumbang, jalanan licin, dan sejumlah genangan. Longsor tidak,” katanya.