Upacara HUT RI di Lapangan  Banteng, Puluhan PNS Telat Datang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi inspektur upacar HUT RI Ke-73 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (Foto: Asep Syaefudin)

MONITOR, Jakarta – Puncak perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Lapangan Banteng dikejutkan dengan hal tak terduga. Pasalnya, acara yang berlangsung khidmat ini tiba-tiba diricuhkan dengan kedatangan puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang datang terlambat dalam mengikuti upacara.

Upacara HUT RI di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat ini dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menjadi inspektur upacara diacara pengibaran bendera.

Upacara benndera dimulai ukul 07.30 diikuti ribuan peserta dari berbagai instansi diantaranya TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, anak-anak sekolah, dan seluruh PNS serta SKPD lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Dari pantauan MONITOR, Anies tiba di Lapangan pukul 07.23 didampingi istri, Fery Farhati Ganis.

Salah satu PNS yang datang terlambat pun mengaku bahwa ia harus mengurusi hal-hal di rumah.

“Iya mas terlambat nih, karena harus ngurus keperluan anak-anak sekolah dulu,” celoteh salah seorang PNS DKI.

Turut hadir, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edy Marsudi, Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah, Ketua Fraksi Partai Nasdem Bestari Barus, Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri yansyah, Kepala Satpol PP DKI Yani Wahyu dan beberapa pejabat teras dilingkungan Pemprov dan DPRD DKI Jakarta.

Upacara Peringatan Hari Kemerdekan sendiri baru pertama kali dilaksanakan di Lapangan Banteng usai revitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan kidmat hingga Merah Putih berhasil dikibarkan petugas Paskibraka.