Tanpa Busana, Pria ini Nekad Terobos Masuk Istana

MONITOR, Jakarta – Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengamankan seorang pria tanpa busana yang berlari menuju kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/8) pagi, sekitar pukul 07.30 WIB.

"Bukan menyusup, tapi ada orang lari telanjang dari arah Monas menyeberang jalan ke arah Istana. Pria tersebut diamankan anggota Paspampres yang sedang berjaga karena memaksa masuk ke Istana,” kata Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono sebagaimana dikutip Deputi Kepala Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam siaran persnya Senin (28/8) siang.

Paspampres tengah berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor Gambir terkait peristiwa tersebut. Pelaku yang tidak memiliki identitas itu juga telah diserahkan kepada kepolisian  untuk dimintai keterangannya lebih lanjut.

"Untuk pendalaman lebih lanjut, pelaku sudah diserahkan ke Polsek Gambir," ujar Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Berikut Kronologi Lengkap Kejadiannya :

Pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017 sekitar jam 07.30 WIB , seseorang dengan tidak menggunakan busana berlari dari arah lampu merah Mahkamah Agung (A10) ke arah pagar Istana Negara mencoba memasuki Istana Negara. Namun piket Paspampres yang sedang menjaga di depan Pos Istana Negara segera mengamankan.

Sekitar 5 anggota PM Paspampres berhasil mengamankan orang tersebut ke Pos Pengamanan Istana Negara dan setelah di lakukan pemeriksaan orang tersebut tidak membawa identitas diri serta mulut mengeluarkan busa, untuk selanjutnya Danplek Istana memberikan pakaian beserta celana kepada orang tersebut dan menghubungi Polsek Metro Gambir untuk di lakukan interogasi.

Saat ini orang yang bersangkutan telah diamankan di Polsek Metro Gambir untuk di minta keterangan lebih lanjut

Setelah dilakukan interogasi di ruang SPK Polsek Metro Gambir identitas orang tersebut :

Nama : Brokington Sianturi

Tempat tanggal lahir : Jakarta 21 Mei 1984

Agama : Kristen

Pekerjaan : Dagang alat terapi di pasar baru.

Alamat : Jalan Kapuk cengkareng : RT.008 / 011 Kelurahan Cengkareng Jakarta Barat.

Kepada petugas, pria tersebut beralasan ingin menikah di Istana dan mengaku berangkat dari rumah Jam. : 06.00 wib dengan berlari.