Jumat, 26 April, 2024

Sindir Tak Becus Urus Teroris, Erdogan Desak AS Tinggalkan Kota Manbij

MONITOR, Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memberi peringatan kepada Amerika Serikat (AS) untuk menarik diri dari kota Manbij, Suriah, dan menyatakan bahwa pasukan Turki akan mengembalikan kota tersebut "kepada pemilik sebenarnya."

Dilansir Rusian Today, Erdogan mengatakan hal itu dalam sebuah pertemuan Partai AK di Parlemen, Selasa (6/4) dimana ia mengatakan bahwa pihaknya telah melumpuhkan para teroris dalam sebuah operasi di kota Afrin baru-baru ini.

Sambil menyidir kebijakan militer AS di sejumlah negara Timur Tengah, Erdogan menyatakan operasi militer Turki di Suriah akan terus berlanjut.

"Kapan anda (AS) akan selesai dengan kami mengajukan pertanyaan, kapan anda menyelesaikan operasi anda di Afghanistan? Kapan anda menyelesaikan operasi anda di Irak? sudah 18 tahun," kata Erdogan.

- Advertisement -

Selain itu, Erdogan juga menyatakan bahwa Turki akan mengembangkan sektor pertahanannya dan mengurangi ketergantungan pada sistem pertahanan buatan asing.

Sekedar informasi, Pasukan Turki menyebrang ke Suriah pada akhir Januari lalu untuk melakukan operasi 'Olive Branch'. Yakni mendorong kelompok Kurdi yang dinilai Turki sebagai teroris dan mendapatkan dukungan AS, agar keluar dari kota Afrin.

Selanjutnya, Turki berencana mengusir Kurdi dari Manbij, kota tersebut berjarak 100 km dari arah timur Afrin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER