Sidak Kali Item, Dewan Apresiasi Pemasangan Kain Waring

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi usai meninjau Kali Item (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Wakil rakyat Jakarta akhirnya mengapresiasi langkah Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam memasang kain waring disepanjang Kali Item. Padahal sebelumnya sempat menjadi perdebatan hangat di sejumlah kalangan.

Pernyataan dewan ini dilontarkan setelah para politisi Kebon Sirih itu melakukan sidak ke Kali Item yang lokasinya tak jauh dari Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Ya, kalo melihat kondisinya seperti ini kami apresiasi pemasangan kain waring ini,” ujar Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang diamini sejumlah anggota dewan lainnya.

Diakui Pras, ia bisa merasakan bau menyengat dari Air Kali Item tidak tercium sejak dipasang kain waring.

“Kalau bagus, pasti kami katakan bagus. Tapi kalau jelek pasti kami katakan jelek. Dan fungsi kontrol itu memang tugas kami di dewan,” ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta menutup Kali Item dengan kain waring (dok: Asep Monitor)

Namun demikian, sambung Pras, ia berharap kalau pembenahan terhadap kali item tidak hanya dilakukan sebatas saat perhelatan Asian Games berlangsung saja.

“Usai Asian Games, Kali Item ini jangan dibiarkan jadi bau lagi. Harus ada upaya terus buat Kali Item ini airnya tak menimbulkan bau. Karena kalau itu tetap dilakukan yang senang masyarakat,” pungkasnya.