Sandiaga Uno Jualan Beras Bersubsidi

MONITOR, Jakarta – Harga beras di Ibukota saat ini terus melambung. Untuk kembali menstabilkan harga beras ini, Pemprov DKI Jakarta melakukan operasi pasar di 17 pasar tradisional di Jakarta.

Bahkan tidak tanggung-tanggung operasi pasar ini dipantau langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Sandi, panggilan akrab Sandiaga Uno, memantau langsung operasi pasar dibeberapa titik. Diantaranya, Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

"Harga beras yang kita turunkan saat operasi pasar ini dijual dengan harga Rp 9.300/kg, jauh lebih murah dibandingkan harga pasar yang melambung sampai Rp 12.000," ujar Sandi, Rabu (10/1).‎ 

Kata Sandi, melalui operasi pasar pihaknya mengharapkan masyarakat tidak perlu khawatir lagi menghadapi lonjakan harga beras. Operasi pasar ini dilakukan di banyak tempat.

"Pemda melakukan oprasi pasar seperti ini dibanyak pasar tradisional. Sedikitnya ada 17 pasar milik PD Pasar Jaya yang didrop beras bersubsidi," papar Sandi didampingi sejumlah direksi BUMD bidang pangan antara lain PD Pasar Jaya, PD Dharmajaya, PD Food Station Tjipinang Jaya dan SKPD terkait lainnya. 

Disebutkan Sandi, masyarakat tidak perlu ragu untuk membeli beras dari Pemprov DKI. "Saya jamin beras yang dijual dalam operasi beras ini beras berkualitas tinggi. Pokoknya dijamin bagus dan tentunya pulen," tegas Sandi

Dari informasi yang dihimpun Monitor, beras subsidi ini digelontorkan kepada masyarakat atas kerja sama Pemprov DKI dan Kementerian Perdagangan. 

Sehari sebelumnya, Sandi menyambangi rumah dinas Menteri Perdagangan Enggartiarso Lukita di kawasan Kebayoran Baru untuk minta bantuan suplai beras tambahan sebanyak 30 ribu ton untuk menurunkan harga beras yang naik sekitar 10 persen.

Firmanuddin, salah satu warga Kebayoran Baru menyambut baik operasi pasar tersebut. "Dengan demikian, kami selaku rakyat kecil dapat menikmati beras pulen dengan harga terjangkau. Namun sebaiknya operasi pasar juga meliputi sejumlah jenis sembako lainnya, seperti minyak goreng, gula, daging, telur, terigu, dan syukur ada juga jenis sayuran," kata tukang ojek.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia