Pusing Mikirin Banjir, Anies Undang Kepala Daerah Jabodetabekjur ke Balaikota

MONITOR, Jakarta – Persoalan banjir menjadi pekerjaan rumah (PR) yang tak pernah bisa terselesaikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Oleh karenanya, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang kepala daerah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur (Jabotabekjur) ke Balaikota, Jakarta untuk diajak rapat kerjasama  membahas persoalan banjir.

"Rapat kerja digelar guna melakukan koordinasi kerjasama dengan daerah penyangga soal penanganan banjir," ujar Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta Premi Lasari, disela-sela rapat, di Balaikota, Selasa (3/4).

Dijelaskan Premi, rapat kerjasama ini tidak hanya membahas persoalan banjir saja. Melainkan mengangkat empat  isu lain diantaranya, persoalan transportasi, pengolahan sampah, penyediaan air bersih dan ketahanan pangan.

Premi mengatakan, hasil raker kepala daerah Jabodetabekjur nantinya berupa rekomendasi yang akan disampaikan ke pemerintah pusat.

“Diharapkan dapat melahirkan rekomendasi pemerintah pusat terkait percepatan pembangunan Jabodetabekjur,” kata Premi.

Rapat kerja yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur).

Hadir dalam rapat kerja tersebut diantaranya Bupati Bogor Nurhayati, pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bogor Usman Hariman, Wali Kota Depok M Idris Abdul Shomad, Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Tangerang M. Yusuf,  Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil bupati cianjur Herman Suherman, Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dan pejabat Kota Bekasi.