Puncak Arus Balik Libur Panjang Maulid Nabi 2017, Jasa Marga Prediksi 92.000 Kendaraan Kembali Ke Jakarta

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksikan puncak arus balik Libur Panjang Maulid Nabi 2017 pada 3 Desember 2017 ini, dimana diperkirakan sekitar 92.000 Kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Jumlah ini menunjukkan kenaikan volume lalu lintas yang cukup signifikan, yaitu sebesar 8% dari lalin normal GT Cikarang Utama (85.000 kendaraan) seperti hari biasanya.

Untuk mengantisipasi kepadatan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek terutama menjelang GT Cikarang Utama, Jasa Marga berdasarkan diskresi dan kerja sama dengan Kepolisian akan melakukan upaya-upaya diantaranya; Pengaturan kegiatan proyek yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas selama periode libur panjang. Rekayasa Lalu Lintas di Rest Area_ dengan buka/tutup Lalu Lintas Masuk Rest Area Km 62 dan Km 42 arah Jakarta saat terjadi kepadatan menuju Rest Area.

Selain itu, juga akan akan dilakukan Pengoperasian Parking Bay di Km 58 dan Km 34 arah Jakarta guna mengurangi kepadatan di Rest Area, peningkatan kapasitas GT Cikarang Utama dengan memanfaatkan gardu reversible dan gardu portable di GT Cikarang Utama pada jam-jam padat menjadi 31 gardu keluar (arah Jakarta).

Peningkatan kapasitas lajur Km 67 dan Km 62 arah Jakarta dari 3 lajur menjadi 4 lajur juga mejadi alternatif antisipasi. Selain juga nantinya akan diterapkan Peningkatan kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas contraflow atas diskresi pihak kepolisian, dan percepatan response time penanganan gangguan lalu lintas dengan penempatan petugas dan unit layanan lalu lintas pada lokasi rawan kepadatan.

Jasa Marga pun akan memaksimalkan fungsi media komunikasi daring antara lain mulai dari call center telepon 14080, twitter, instagram dan aplikasi mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications. Dengan ini, diharapkan pengguna jalan bisa memanfaatkannya secara baik dan maksimal.

Pada puncak arus mudik yang jatuh pada hari Kamis, 30 November 2017 lalu, realisasi volume lalu lintas kendaraan mudik turun dari prediksi.Namun demikian, Jasa Marga tetap mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan perjalanan untuk berkontribusi membantu kelancaran arus lalu lintas serta mematuhi rambu lalu lintas serta memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum memasuki jalan tol.