Pascagempa, BNPB Pastikan Sulteng Kondusif

7

MONITOR – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan pascagempa megnitudo 6.9 SR yang mengguncang Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Jum’at (12/4/2019) kondisi masyarakat kondusif.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan keadaan masyarakat di sejumlah wilayah sudah kondusif dan masyarakat sebagian besar sudah kembali ke rumahnya.

“Masyarakat yang mengungsi sebagian sudah pulang ke rumahnya. Pengungsian sempat teridentifikasi di Kabupaten Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah hingga Jumat malam,” kata Sutopo melalui pesan tertulis yang diterima di Semarang, Sabtu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Banggai melaporkan pada Sabtu pukul 06.00 WIB terdapat 1.300 kepala keluarga yang mengungsi di empat titik telah kembali ke rumah mereka masing-masing.

Empat lokasi yang sempat menjadi tempat pengungsian di Kabupaten Kepulauan Bangga, yaitu halaman kantor bupati, Masjid An-Nur kompleks perkantoran, gedung DPRD dan kantor Polres Banggai Kepulauan.

“Pengungsi kembali ke rumah mereka secara mandiri dan sebagian diantar oleh BPBD,” ujar Sutopo.