Pemred Tempo Sampaikan Permohonan Maaf ke FPI

MONITOR, Jakarta – Pemimpin Redaksi kantor berita Tempo Arif Zulkifli telah menyampaikan permohonanan maaf terkait penayangan gambar kartun yang ditayangkan pihaknya. Karena diduga menghina pentolan Front Pembela Islam Rizieq Sihab.

Setelah melakukan pertemuan dengan perwakilan FPI yang telah melakukan aksi didepan kantor berita Tempo pada Jumat (16/3). Arif bersama beberapa perwakilan dari organisasi Islam yang bermarkas di Petamburan itu langsung keluar dari dalam ruangan segera menaiki mobil Komando untuk mengutarakan permintamaafan didepan ratusan massa FPI.

Arif menjelaskan kalau pihaknya akan melakukan hak jawab atas apa yang telah ditayangkan oleh pihaknya itu pada beberapa waktu lalu di majalah Tempo. Kemudian pihaknya akan melakukan permintaan maaf dengan menayangkan pada edisi berikutnya sebagai bentuk permintaan maaf atas aksi protes tersebut.

Arif juga menjelaskan kalau nantinya atas proses hukum yang berjalan itu akan dibawa kepada dewan pers

"Dan kami akan  memuat hak jawab atas masalah ini sebagai respon dari tanggung jawab kami sebagai media," disampaikan Arif dari atas mobil komando.

Akan tetapi seketika keadaan di lokasi aksi tiba-tiba ricuh dan hampir saja terjadi keributan atas pernyataan minta maaf yang diutarakan Arif secara lisan melalui pengeras suara di mobil komando.

Menurut pantauan dilapangan awalnya Arif menolak untuk meminta maaf secara lisan karena sudah ada kesepakatan dengan perwakilan FPI dalam pertemuan sebelumnya bahwa permintaan maaf hanya dilakukan melalui hak jawab yang bakal ditayangkan dimajalah tersebut.

Namun karena keadaan yang semakin memanas, Arif pun berinisiatif untuk meminta maaf secara lisan. Dihadapan para peserta aksi tersebut.

"Kalau kartun yang dimuat majalah tempo menimbulkan tafsir yang berbeda dan menimbulkan ketersinggungan saya meminta maaf," tandasnya.