PBB Peringatkan Amerika dan Sekutunya Penuhi Piagam PBB terkait Suriah

MONITOR – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Sabtu (14/4) menyampaikan keprihatinan mengenai aksi gabungan terhadap Suriah oleh Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris, dan menyerukan dipatuhinya Piagam PBB serta hukum internasional dalam masalah itu.

"Sebagai Sekretaris Jenderal PBB, tugas saya lah untuk mengingatkan negara anggota bahwa ada kewajiban, terutama ketika menangani masalah perdamaian dan keamanan, untuk bertindak sejalan dengan Piagam PBB dan dengan hukum internasional pada umumnya," kata Guterres dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan atas permintaan Rusia.

Guterres menegaskan Piagam PBB sangat jelas mengenai masalah ini dan Dewan Keamanan memiliki tanggung-jawab utama bagi pemeliharaan keamanan dan perdamaian internasional.

"Saya menyeru semua anggota Dewan Keamanan untuk bersatu dan melaksanakan tanggung-jawab itu," tegasnya sebagaimana dikutip Antara Xinhua, Minggu (15/4).

"Saya mendesak semua negara anggota agar memperlihatkan penahanan diri dalam kondisi berbahaya ini dan menghindari setiap tindakan yang dapat meningkatkan keadaan dan menambah parah penderitaan rakyat Suriah," tandasnya. (ANT)