Menlu-menlu se-ASEAN akan Bahas Krisis Rohingya di New York

MONITOR, Jakarta – Menteri Luar Negeri dari negara-negara ASEAN akan melakukan pertemuan guna membahas isu krisis Rohingya di New York,  tepatnya di sela-sela Sidang Umum PBB 23 September mendatang.

Rencana pertemuan tersebut diketahui dari Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi saat rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR, Senin (11/9) dimana menteri-menteri luar negeri ASEAN nantinya akan mendengarkan paparan tentang situasi terkini di Rakhine State, Myanmar, tempat komunitas Rohingya berada dan bagaimana negara-negara tetangga, terutama ASEAN dapat berkontribusi mengatasi krisis kemanusiaan tersebut.

"Mengenai bantuan kemanusiaan ini akan menjadi isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut," kata Retno seperti dikutip Antara.

Terkait bantuan kemanusiaan, lanjut Retno, saat ini masih terganjal aspek modalitas yang belum disepakati oleh Pemerintah Myanmar dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dan negara-negara pemberi bantuan termasuk Indonesia, sementara pihak Indonesia melalui Menlu terus mendorong percepatan proses kesepakatan modalitas tersebut agar bantuan kemanusiaan dapat segera dibuka.