Komisi Eropa Ancam Berlakukan Tarif 25 Persen Produk Impor AS

MONITOR, Brussels – Komisi Eropa mengancam akan memberlakukan pajak tinggi terhadap produk-produk impor Amerika Serikat. Hal itu sebagai respon Eropa terhadap pemberlakuan tarif khusus baja dan alumunium Eropa.

Dilansir Reuters, Komisi tersebut berencana untuk memberlakukan pajak 25 persen pada berbagai produk AS, mulai dari jagung hingga otomotif, yang impor tahunannya ke Uni Eropa bernilai sekitar 2,8 miliar euro atau setara dengan 3,45 miliar dolar.

Komisi Eropa juga menghimbau swasta yang terkena dampak tarif AS dan tanggapan Uni Eropa tersebut, yang mungkin akan diberlakukan pada 26 Maret mendatang.

Seperti diketahui, sebelumnya Presiden AS Donald Trump telah menandatangain sebuah kebijakan baru terkait tarif impor baja ke AS sebesar 25 persen dan aluminium 10 persen. Kendati terdapat pengecualian untuk Kanada, Meksiko dan terbuka peluang untuk negara-negara lain.

Komisi Eropa menilai, kebijakan perdagangan 28 anggota Uni Eropa, belum menemui titik cerah untuk mendapatkan pengecualian. Sekertaris Perdagangan AS Wilbur Ross dan Komisaris Perdagangan UE Cecilia Malmstrom akan membahas masalah tersebut pada sebuah pertemuan pekan depan.