Gubernur DKI Diminta Perhatikan Kepentingan Jurnalis

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diharapkan lebih memperhatikan kepentingan jurnalis yang tergabung dalam kordinatoriat Wartawan Balaikota dan DPRD DKI dalam menjalankan liputan.

Jika ada kunjungan ke luar daerah atau luar negeri agar mengajak sejumlah wartawan yang tidak hanya dikirim rilis dari tim gubernur.

Hal itu terungkap pada acara rapat kerja dan silaturahmi wartawan Balaikota/DPRD di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu dan Minggu. “Kami juga akan meminta Dinas Kominfotik DKI untuk berkordinasi dengan pengurus kordinatoriat saat mau mengumumkan undangan peliputan,” ujar kordinator wartawan Marula Adi, dari Medi Rakyat Merdeka, Minggu (8/4).

Kata Adi, selama ini, SKPD yang dipimpin Dian Ekowati hanya menyebar undangan pada grup WA tertentu dan tidak pernah berkirim undangan pada grup resmi yang mana admin dikelola kordinatoriat bernama Balkoters Bersatu.

Adi pun memaparkan selama ini wartawan cuma dimanfaatkan tim gubernur untuk liputan di dalam wilayah DKI. “Mestinya jika gubernur atau wagub ada kunjungan ke daerah atau mancanegara, sebaiknya diajak beberapa perwakilan wartawan untuk meliput langsung. Saya yakin berita yang dibikin wartawan dari liputan on the spot akan jauh berbeda dengan materi rilis saja,” tegasnya.

Hal serupa juga disampaikan wartawan kawakan Media Indonesia, Selamat Saragih. Dia juga minta semua anggota kordinatoriat agar memaparkan berita secara imbang, tidak hanya sepihak dari pimpinan birokrasi. 

“Kalian masih muda, harus meningkatkan nilai kontrol sosial dengan menggali info dari masyarakat,” tandas wartawan yang sudah puluhan tahun meliput di jajaran Pemprov DKI dan wakil rakyat.

Kegiatan raker sekaligus refreshing di kawasan pelesiran Puncak dihadiri 35 wartawan cetak dan elektronik yang sehari-hari meliput jajaran Pemprov DKI dan wakil rakyat Jakarta. 

Diharapkan organisasi ini menjadi wadah yang bermanfaat kepada para wartawan dalam menjalankan tugas profesionalnya. Kordinator akan berupaya mengakomodir semua anggota sesuai kewenangannya.

Pada kesempatan ini Marula Adi juga mengumumkan daftar nama para pengurus kordinatoriat periode 2017-2019 yang terdiri dari puluhan wartawan. Adapun sejumlah pengurus inti adalah jabatan Ketua pada Marula Adi dari Rakyat Merdeka, Wakil Ketua Purwoko dari Indopos, Sekretaris Guruh Nara Persada dari Pos Kota, dan Bendahara Leny Tristia Tambunan dari beritasatu.