Genjot Pariwisata, Sandi Ingin EBT Aliri Wilayah Kepulauan Seribu

MONITOR, Jakarta – Salah satu bidikan Pemprov DKI untuk meningkatkan pendapatan daerah yakni melalui sektor pariwisata. Keberadaan icon wisata di ibukota memang tak perlu diragukan lagi, meski demikian pemprov harus tetap berbenah agar wajah pariwisata Jakarta lebih berkualitas.

Pulau seribu merupakan satu dari sekian icon pariwisata yang memiliki daya tarik bagi wisatawan. Belakangan, Pemprov DKI Jakarta berencana menggandeng PT. Jakpro Utilitas untuk membenahi wajah Kepulauan Seribu demi mewujudkan destinasi wisata nasional.

"Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan PT. Jakpro Utilitas menyiapkan kebutuhan tenaga listrik untuk kebutuhan masyarakat dan obyek-obyek wisata di Kepulauan Seribu," ujar Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno, Selasa (20/3).

Wagub yang beken disapa Sandi ini mengaku, saat ini masih banyak warga di Kepulauan Seribu yang belum bisa menikmati listrik 24 jam.

Melalui komitmen ini, ia berharap bisa mengembangkan infrastruktur listrik, salah satunya ialah menghadirkan penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk pasokan listrik di kawasan pulau terluar di Kepulauan Seribu.

"Dengan adanya energi baru dan terbarukan ini, kami harap dapat memberi manfaat untuk warga di sana seperti meningkatkan industri skala rumah tangga, memotivasi bersekolah dan belajar, percepatan penyampaian informasi melalui media elektronik, penurunan pencemaran lingkungan udara akibat gas buang PLTD, dan meningkatkan arus kunjungan wisman dan wisatawan nusantara," imbuhnya.