Gempa 3 SR Guncang Padang Sidempuan dan Tapanuli Selatan Senin Dini Hari

MONITOR, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilis di situs resminya www.bmkg.go.id menginformasikan bahwa di wilayah Padang Sidempuan dan Tapanuli Selatan Senin dini hari (4/12) terjadi gempa bumi berkekuatan 3 skala Richter.

Gempa di Padang Sidempuan terjadi pukul 00.01 WIB dengan kekuatan 3 SR pada kedalaman 10 km, dengan koordinat 1,17 LU-99,33 BT, di mana pusat gempa berada di darat atau 23 km sebelah tenggara Padang Sidempuan.

Sedangkan gempa di Tapanuli Selatan terjadi pada pukul 00.06 WIB dengan kekuatan 3 SR pada kedalaman 10 km, dengan koordinat 1,7 LU-99.35 BT, dan pusat gempa berada di darat 15 km sebelah timur laut Tapanuli Selatan.

Dalam informasi yang ditampilkan di situs resminya BMKG tidak memberikan keterangan apakah kedua gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami atau tidak.

BMKG hanya menyatakan kedua gempa tersebut masuk kategori I-II skala MMI (Modified Mercalli Intensity), yakni termasuk gempa dengan kategori lemah atau hampir tidak dirasakan sebagian orang.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan kepada jajarannya yang ada di daerah untuk selalu memantau kondisi wilayah kerjanya dan mengantisipasi situasi yang bisa menimbulkan bencana, dimana saat ini hampir di seluruh daerah Indonesia sedang mengalami musim pancaroba dan cuaca ekstrem. Terkait Gempa di Padang Sidempuan dan Tapanuli Selatan, BMKG juga meminta masyarakat sekitar untuk meningkatkan kewaspaaannya guna antisipasi kekhawatiran terjadinya gempa susulan.