Diterpa Tudingan Asusila, Menteri Skotlandia Pilih Mengundurkan Diri

MONITOR, Skotlandia – Menteri Skotlandia urusan Kesejahteraan Anak, Mark McDonald, resmi mengundurkan diri dari jabatannya pada Sabtu (04/11) waktu setempat. Pengunduran tersebut berkaitan atas tuduhan 'perilaku tak pantas' yang menyangkut kehidupan pribadinya.

Keputusan ini dia sampaikan secara terbuka kepada rakyat Skotlandia. Ia pun meminta maaf karena tidak mampu menjaga perilakunya tersebut.

"Saya meminta maaf kepada siapa pun jika saya membuat marah atau yang menganggap perilaku saya tidak pantas," ujar McDonald, seperti diwartakan Sky News. 

"Saya sendiri yakin itu semata-mata hanya kelakar atau upaya untuk bersikap ramah, perilaku saya mungkin sudah membuat orang lain tidak nyaman atau membuat mereka mempertanyakan maksud saya." sambungnya lagi.

McDonald diketahui merupakan salah satu dari dua anggota Partai Nasional Skotlandia yang saat ini sedang diselidiki oleh partai tersebut terkait kemungkinan melakukan tindakan tak senonoh. 

"Dengan mempertimbangkan posisi saya di pemerintahan, saya merasa tidak pantas untuk melanjutkan peranan saya melayani pemerintahan Skotlandia pada saat ini dan saya menyampaikan pengunduran diri saya sebagai menteri," katanya dalam pernyataan. 

Pengunduran diri McDonald terjadi di tengah serangkaian tudingan pelecehan seksual terhadap sejumlah politisi Inggris.