Dinas Pariwisata DKI Segera Perbaiki Museum Bahari

MONITOR, Jakarta – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, menyatakan akan segera melalukan perbaikan bagian Musium Bahari yang terbakar, Selasa (16/1).

"Pasti kita perbaiki dong, tunggu saja waktunya," ungkap Tinia Budiati di Balaikota, melalui sambungan selulernya.

Namun sebelum melakukan perbaikan, Dinas Pariwisata akan mengatakan, berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Koordinasi dengan PUPR kami kira perlu ya. Kami coba komunikasikan juga terkait dana yang ada dikementerian itu," ungkap Tania

Tania juga mengakui, saat ini ada juga pihak swasta yang menawarkan untuk ikut membantu dalam melakukan perbaikan gedung.

"Untuk pihak swasta sih kami belum ambil sikap, karena kami mau tanya bentuk bantuannya apa yang mau diberikan. Tapi yang jelas siapapun yang akan terlibat dalam perbaikan gedung Musium Bahari kami akan terbuka sekali," ujarnya.

Menyingung soal dana yang pasti dalam perbaikan gedung Musium Bahari, Disebutkan Tania, Dinas Pariwisata Jakarta tentu saja akan memakai dana APBD.

"Kan yang bertanggungjawab merawat dan memelihara cagar budaya adalah Pemprov DKI," jelasnya. 

Lantas bagaimana dengan benda-benda bersejarah yang ikut terbakar? "Kalau untuk itu kita akan coba gandeng komunitas pencinta sejarah," jawab Tania.