Contraflow Masih di Berlakukan di Tol Cikampek Mulai Tol Cikarang Hingga KM 47 Karawang

MONITOR, Bekasi – Petugas Jasa Marga dan kepolisian masih memberlakukan contraflow (system lawan arus lalu-lintas) di jalur tol Cikampek sejak pintu gerbang tol Cikarang hingga Km 47 Karawang, Jawa Barat, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pada hari Sabtu ini dimana pertama libur panjang menjelang akhir tahun 2017.

Di jalur tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (23/12) dilaporkan, para petugas gabungan masih memberlakukan contraflow itu dari pintu gerbang tol Cikarang hingga Km 47, Karawang.

Polisi mengatur dan mengurai kepadatan lalu-lintas dengan menggunakan mobil patroli jalan raya dan motor patroli yang berlalu-lalang di jalan tol.

Contra flow adalah rekayasa lalu-lintas yang kerap diterapkan untuk mengurangi beban kemacetan lalu-lintas ke suatu arah, seperti dikutip Antara.

Kepadatan lalu-lintas pada pukul 12.00 WIB masih terjadi di jalan tol Jakarta menuju Cikampek sejak pintu gerbang Bekasi Barat hingga Km 40, sementara kondisi berbeda terjadi jalur di mana lawan arus itu diterapkan. Di jalur ini laju kecepatan kendaraan rata-rata mobil 60 m/jam. 

Arus kendaraan sebaliknya dari Cikampek ke Jakarta terlihat ramai lancar. 

Puncak arus kendaraan jelang tahun baru mulai terjadi sejak Jumat malam (22/12) setelah magrib atau setelah jam kantor usai. Hingga pukul 13:00 WIB, Sabtu, kepadatan lalu-lintas masih terjadi. 

Sementara, kondisi arus lalu-lintas di Jaringan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) menuju Bekasi ramai dan lancar.